Petition Closed
Petitioning Nestlé and 3 others

Dukung pengguna tumbler dengan dispenser air!

Waktu kecil, inget ga suka bawa botol minum ke sekolah? Nah, kita lagi coba mengembalikan budaya itu, bukan buat anak kecil aja, tapi kita semua!

 

Coba pikirkan, berapa banyak air mineral yang kamu beli tiap tahunnya? Kalau 3 kali seminggu saja, itu sudah 156 botol plastik. Apalagi kalau beli sekali atau lebih setiap hari! Hal itu berkontribusi terhadap ribuan ton sampah plastik tiap harinya.

 

Nah, maka itu KOPHI atau Koalisi Pemuda Hijau Indonesia punya kampanye “One person, one tumbler” atau “Satu orang, satu botol minum”.

 

Kabar baiknya, sudah lumayan banyak yang menggunakan botol minum isi ulang! Kamu bisa dukung kita lewat petisi ini.

 

Untuk kamu yang sudah pakai botol minum, pasti masalahnya sama. Hanya bisa di isi ulang di rumah atau di tempat yang ada dispenser air minum. Kalau sedang di luar, tidak ada pilihan lain selain membeli air mineral dalam botol plastik untuk isi botol minum. Kan sama aja bohong ya?

 

Petisi yang kita mulai di Change.org ini mau memberikan ide kepada perusahaan air minum Sosro, Aqua, dan Nestle, yang mengklaim ramah lingkungan, untuk menyediakan dispenser air minum di minimarket di seluruh penjuru kota.

 

Saya pikir kalau mereka lihat banyak yang dukung, mereka mau ikut perjuangan kita mengurangi sampah plastik.Tanda-tangan petisinya di sini ya!

 

Bayangkan saja bila nantinya kita bisa menikmati membeli air di perjalanan, tanpa berpartisipasi menghasilkan limbah plastik. Lebih murah, lebih sehat, lebih hijau!

 

Indonesia lestari, Indonesia bisa,

 

 

 

Adinda Aksari

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia

@KOPHI_
 
drafted and written by: change.org
Letter to
Nestlé
Gedung Graha Sosro Jl. Sultan Agung Km 28 Kelurahan Medan Satria Bekasi 17132 PT. Sinar Sosro
Cyber 2 Tower Lantai 10, 11, 12. Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 No.13 Setiabudi Jakarta Selatan 12950 Danone Aqua
and 1 other
Wisma Nestlé, Perkantoran Hijau Arkadia Gedung B Jl. TB. Simatupang Kav 55 Jakarta Selatan PT. Nestlé Indonesia
7 April 2014

Kepada Bapak/Ibu
Pimpinan Perusahaan
Di tempat.

Melalui surat ini, kami dari Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) ingin menawarkan sebuah ide yang kami percaya sangat menarik untuk perusahaan Bapak/Ibu dan sekaligus juga bermanfaat besar bagi masyarakat dan tempat tinggal kita bersama.
Sebelumnya, perkenankan kami memperkenalkan diri. KOPHI merupakan komunitas pemerhati isu lingkungan dan pendidikan lingkungan yang dipelopori dan digerakan oleh mahasiswa dan pelajar Indonesia. Kami memiliki cabang di 16 kota yang tersebar diseluruh provinsi di Indonesia dan hal ini menjadikan kami komunitas yang dekat dengan beragam kondisi masyarakat dan situasi. Kegiatan kami berfokus pada upaya peningkatan hidup sadar lingkungan dikalangan pelajar dan mahasiswa. Dalam upaya tersebut kami telah melakukan berbagai pelatihan dan kampanye yang kami harapkan dapat meningkatkan gaya hidup ramah lingkungan.
Saat ini kami sedang menggalangkan suatu kampanye yang kami percaya dapat diikuti serta menarik bagi perusahaan Bapak/Ibu. Kampanye ini kami namakan sebagai kampanye “KOPHI Isi Tumbler” (KOPHI ITEM) yang merupakan bagian dari kelanjutan kampanye “One Man One Tumbler” yang kami adakan pada tahun 2012. Melalui kampanye ini kami mengajak perusahaan dan atau minimarket yang berada dalam manajemen Bapak/Ibu untuk terlibat aktif dalam mendukung upaya gaya hidup ramah lingkungan dengan menyediakan dispenser air minum berbayar.
Seperti kami tuliskan dalam petisi kami (www.change.org/waterdispenser/) terdapat suatu ganjalan bagi para pengguna botol minum/tumbler untuk terus menggunakan tumbler ini sehari-hari. Hal ini dikarenakan kami sulit menemukan air mineral yag dapat mengisi botol kami ketika persediaan kami sudah habis. Kami tidak memiliki pilihan selain membeli botol minuman plastik ukuran kecil, sedang, atau besar dan segera saja membuang sampahnya dalam hitungan menit.
Kami sadari bahwa botol minuman dalam kemasan ini memiliki nilai ekonomi yang cukup baik dan banyak dikumpulkan untuk segera di daur ulang. Namun yang menjadi perhatian dan harapan kami adalah bahwa kami sebagai konsumen dapat diberikan kebebasan untuk memilih apabila kami ingin lebih hidup ramah lingkungan. Sebagai contohnya, dapat dimulai dari hidup efisien yang minim penggunaan limbah.
Hingga saat ini kami telah mengumpulkan tandatangan sebanyak lebih dari 3000 orang melalui petisi yangn kami ajukan secara online. Hal ini menunjukan dukungan yang besar dan pangsa pasar yang menjanjikan bagi Bapak/Ibu. Tentunya, kami dan 3000 orang lebih lainnya akan sangat mendukung dan berterima kasih apabila perusahaan Bapak/Ibu mempertimbangkan untuk menjual air minum mineral dalam dispenser, seperti yang juga banyak tersedia di negara-negara maju.
Saat ini kami dalam telah mendapatkan dukungan dari sejumlah pihak termasuk selebritis untuk menyukseskan kampanye ini dan dalam beberapa bulan ke depan kami berencana untuk mengadakan kampanye / acara akbar untuk menjadikan Tumbler sebagai salah satu Fashion Statement. Karenanya, kami bayangkan bahwa penggunaan tumbler akan menjadi semakin populer di masyarakat dan kebutuhan akan dispenser air akan semakin tinggi. Namun seluruh upaya ini tentunya akan menjadi kurang lengkap apabila tidak ada kontribusi dari perusahaan air minum dalam kemasan, maupun minimarket atau supermarket sebagai pusat distribusi minuman dalam kemasan.
Kami berharap dapat berdiskusi langsung dengan Bapak/Ibu untuk menyampaikan maksud dan tujuan kami lebih jauh. Apabila Bapak/Ibu bersedia, dapat menghubungi kami di nomor 0856-5911-2628 atau melalui medkom.kophi@gmail.com.
Semoga kami dapat segera bertemu dengan Bapak/Ibu.

Hormat kami,

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia
Kantor Pusat
medkom.kophi@gmail.com / @kophi_