@atr_bpn Jangan beri izin HGU ke perusahaan, di area habitat gajah

0 telah menandatangani. Mari kita ke 7.500.


Hampir tiap bulan ada aja gajah yang ditemukan terluka karena jerat. Padahal gajah Sumatera adalah satwa liar yang dilindungi.

Aku jadi ingat, pertama kali ketemu Salma tahun lalu di Aceh Timur. Salma adalah gajah kecil, umurnya belum genap setahun. Dia ditemukan di dalam gua sedalam 3 meter. Kasihan, di kakinya terdapat jerat. Membuat kakinya terluka cukup dalam. Sayangnya, Salma tidak bisa berjuang lama. Ia pergi meninggalkan kita, melepaskan rasa sakitnya.

Aku pengen tahu berapa banyak gajah yang mengalami nasib serupa Salma. Aku kumpulkan data dari BKSDA, media dan organisasi untuk kasus kematian gajah seperti yang Salma alami.

Tahun 2017 ada 13 gajah mati di wilayah perusahaan, tahun 2018 ada 11 gajah mati. Sedangkan Januari-Februari 2020, sudah ada 7 gajah liar yang mati. Sekarang jumlah Gajah Sumatera tinggal dikit banget.

Kenapa sih ada orang yang tega pasang jerat yang bikin gajah-gajah itu mati? Gajah-gajah itu udah nggak punya rumah lagi karena luas hutan berkurang karena pembalakan liar dan sudah dijadikan lahan perkebunan dan ladang. 

Kurangnya kesadaran dari masyarakat membuat mereka banyak membuat jerat, kawat listrik dan racun. Karena mereka menganggap gajah-gajah ini adalah hama yang akan merusak ladang mereka.

Padahal gajah adalah hewan penyeimbang ekosistem. 

Aku ingin nggak ada lagi orang yang pasang jerat yang bisa bunuh gajah, terutama di wilayah Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan. Selama ini Badan Pertanahan Nasional belum memasukan syarat bebas jerat di area HGU untuk izin para perusahaan yang akan membuka lahan. Karena itu jangan berikan izin HGU ke perusahaan yang berada di area habitat gajah. Juga meminta perusahaan yang sudah punya izin HGU untuk pastikan agar wilayahnya bebas dari jerat.

Di dalam petisi ini aku ingin meminta kepada Badan Pertanahan Nasional memasukan syarat wilayah HGU bebas dari jerat. Itu bisa jadi syarat pembukaan dan perpanjangan HGU oleh BPN.

Salma dan kawanannya hanya ingin mencari tempat untuk tinggal. Karena rumahnya sudah habis dibabat. Nasib Salma dan gajah lainnya akan terus dipertaruhkan. Bantu dukung dan sebar petisi ini ya.

#JanganJeratGajah


Salam
Alifi