Petition update

Otoritas Sungai Brantas akan Gelar Penelitian Mikroplastik

ECOTON FOUNDATION
Gresik, Indonesia

Sep 17, 2020 — 

Teman-teman, 

Terima kasih ya udah dukung terus kampanye #BrantasBebasMikroplastik. 

Beberapa bulan belakangan, anak-anak muda dari komunitas Environmental Green Society (Envigreen Society) dan Trash Control Community (TCC) itu melakukan aksi bersih-bersih dan uji kualitas air di beberapa titik Sungai Brantas. 

Mereka menemukan mikroplastik dari limbah plastik sampai fiber di sungai Brantas. Kondisi ini sangat memprihatinkan. 

Sebagai data pembanding, Perum Jasa Tirta I selaku otoritas Sungai Brantas akan menggelar penelitian dengan metode ilmiah yang terukur dan teruji. 

Soalnya di Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2008 belum memasukkan mikroplastik sebagai salah satu alat ukur untuk pemantauan kualitas air baku mutu air sungai.

Kepala Bidang Persampahan Bahan Berbahaya dan Beracun Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Joao Gomez Maria De Carvalho juga tak memungkiri kondisi sungai yang tercemar limbah rumah tangga. Jadi memang butuh kesadaran warga juga supaya gak buang sampah ke sungai. 

Berita baiknya, Peraturan Daerah tentang denda terhadap membuang sampah sembarangan kini sedang direvisi. Denda yang sebelumnya hanya sebesar Rp 50 ribu direvisi jadi denda sebesar Rp 2,5 juta.

Tapi, selain sampah rumah tangga, ada juga perusahaan yang buang sampah ke sungai. Mereka juga harusnya ditindak tegas jika membuang sampah ke sungai. Tapi selama ini didiiamkan saja, miris ya.

Karena itulah perlu melibatkan semua pihak, mulai dari Pemprov Jawa Timur, pemerintah kota dan kabupaten, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas sampai Perum Jasa Tirta selaku otoritas sungai.

Belajar dari pencemaran di Sungai Citarum di Jawa Barat yang melibatkan semua pihak termasuk dengan kementerian. Sampai akhirnya terbit peraturan presiden tentang pengkoordinasian revitalisasi sungai.

Karena itulah, dukung dan sebar terus petisi ya teman-teman, agar Sungai Brantas kembali bersih dan bebas mikroplastik


Salam,

ECOTON


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.