Turunkan harga tiket pesawat Domestik

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


 

Dengan hormat,
Beberapa hari terakhir ini kami melihat bahwa terjadi kenaikan harga tiket pesawat dua kali lipat dari harga biasanya khusus untuk tiket pesawat domestik

Yang membuat kami sangat kecewa adalah bahwa kami masyarakat Indonesia yang merupakan Pasar Domestik dan nota bene warga indonesia yang tergolong kedalam negara lower middle income country sebagai target pendapatan bagi maskapai penerbangan. Sementara untuk penerbangan ke luar negeri dengan jam penerbangan yang sama harga tiket hanya 50 % dari harga penerbangan domestik dengan jam dan jarak yang relatif sama. Padahal standar keamanan penerbangan luar negeri relatif lebih tinggi dibandingkan tingkat keamanan penerbangan domestik.

Saya sendiri yang berkerja sebagai karyawan swasta merasakan berat dengan pembiayaan yang mahal ini, apalagi dengan anggota masyarakat lain yang berpendapatan pas pasan. 

Sebagai Pembanding 
Jakarta - Balikpapan, 2 jam 5 menit
Lion diatas Rp 1,4 juta
Garuda sekitar Rp 2,2 juta

Jakarta - Kualalumpur 2 jam 
Lion dan Air Asia sekitar Rp 525 sd 545 rb
Penerbangan Full service Rp 1 jutaan

Kami yakin kenaikan harga tiket tersebut sangat tidak wajar karena hanya dibebankan kepada penerbangan lokal dan domestik. Kami meminta agar Bapak Menteri Perhubungan sebagai regulator meninjau kembali kenaikan tiket pesawat.

Satu hal lagi selain kenaikan tiket pesawat, juga penerapan harga bagasi yang sangat irasional pada penerbangan LCC. 

Kami berharap pihak-pihak terkait untuk segera menindak lanjuti keluhan masyarakat berkaitan dengan hal tersebut

Tentu saja kami tidak berharap jawaban sederhana dari Bapak Menteri misalnya jawaban " kalau tidak punya uang jangan terbang" Kami mengharapkan jawaban yang memihak kepada rakyat dan memperhatikan kesulitan rakyat.



Hari ini: Hary mengandalkanmu

Hary Fajar membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kementerian Perhubungan: Harga tiket pesawat yang terjangkau". Bergabunglah dengan Hary dan 34 pendukung lainnya hari ini.