Stop Tipu Daya Atas Nama Konservasi, Tolak Pembangunan di TN Komodo!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 150.000.


Pada tahun 1980, Taman Nasional (TN) Komodo didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Komodo merupakan salah satu satwa langka yang harus dijaga kelestariannya.

Tapi sekarang, PT. Segara Komodo Lestari dan PT. Komodo Wildlife Ecotourism akan melakukan investasi dengan rencana pembangunan di Pulau Padar seluas 300 hektar dan Pulau Rinca seluas 22,1 hektar. Itu semua termasuk area konservasi dan zona inti yang bisa berdampak bagi habitat komodo.

Berikut alasan-alasan mengapa kami MENOLAK PEMBANGUNAN DI TN KOMODO:

1. Penguasaan (pengelolaan) pihak swasta ada di titik-titik strategis dalam kawasan TN Komodo tidak membawa manfaat bagi masyarakat setempat. Justru adanya tipu daya dengan pencaplokan sumber daya publik dan privatisasi (pengklaiman perseorangan) atas lahan dalam kawasan TN Komodo.

2. Kehadiran pihak swasta akan membebani masyarakat dalam kawasan dan menghambat para pelaku usaha wisata lokal.

3. Bangunan fisik seperti villa, homestay dan tempat publik lainnya dalam kawasan TN Komodo akan berdampak buruk pada kelestarian TN Komodo. Ruang hidup satwa komodo akan terganggu. Eksosistem juga akan rusak.

4. Dengan adanya bangunan-bangunan tersebut, sampah yang dihasilkan akan semakin banyak dan mencemari kawasan TN Komodo.

5. Kebijakan dan regulasi tidak berpihak pada masyarakat dalam kawasan TN Komodo.

6. Menghindari masuknya pihak swasta (investor) lain untuk mengelola kawasan konservasi TN Komodo. Jika pembangunan ini terjadi, bukan tak mungkin pihak swasta lain akan berbondong-bondong merebut akses dan meraup keuntungan di TN Komodo.

Tandatangan petisi ini jika kamu setuju menolak pembangunan di TN Komodo yang menyimpang dari cita-cita konservasi.
Jangan biarkan TN Komodo jadi destinasi investasi!

Tertanda: Chilfia Dewi dan Forum Masyarakat Penyelamat Pariwisata Manggarai Barat (FORMAPP).



Hari ini: Cilfia mengandalkanmu

Cilfia Dewi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, stop tipu daya atas nama konservasi!". Bergabunglah dengan Cilfia dan 134.022 pendukung lainnya hari ini.