STOP Impor Beras Menjelang Panen Raya

0 telah menandatangani. Mari kita ke 150.000.


Tiga bulan yang lalu PETA NUSA dan Alumni IPB sudah memprediksi dan berteriak-teriak, bahwa puncak harga beras terjadi di bulan Januari 2018. Bisa mencapai di atas 11.000 per kg karena fenomena harga di bulan Oktober 2017 yang sudah mencapai 9.500/kg (ada kenaikan harga sekitar 15% dari bulan-bulan sebelumnya). Dengan demikian pemerintah melalui Bulog harus memiliki cadangan beras medium dan premium untuk melakukan penetrasi pasar lewat Operasi Pasar Beras. Hal ini mengingat stok yang ada adalah beras untuk rakyat sejahtera (RASTRA) yang tidak bisa dipakai untuk penetrasi pasar. Jangan malu untuk impor beras medium dan premium karena tujuannya untuk melindungi konsumen di bulan Desember 2017 dan Januari 2018.

Tetapi kenyataannya, pemerintah tidak melakukan persiapan impor di bulan Oktober 2017! Kalau 3 bulan lalu mengikuti saran kami (praktisi beras) untuk melakukan impor maka tidak akan terjadi kenaikan harga beras dan bisa mengantisipasi OP untuk bulan Januari 2018. Tapi yang ada, malah gengsi dan membuat pernyataan surplus produksi terus. Lihatlah apa yang terjadi! Bulan Januari 2018 benar-benar terjadi harga beras di atas 11.000 per kg.

Semua sudah terlambat.

Bulan Februari - Maret 2018 menjelang panen raya. Jadi untuk Januari 2018 kita semua harus menerima keadaan ini. Jika keukeuh import dilakukan sekarang malah akan menghantam petani menjelang panen raya. Saat kebijakan diputuskan sampai datangnya barang ke Indonesia, diperlukan waktu 1-2 bulan! Kebijakan impor ini menjadi seperti upaya sistematis dari pihak-pihak yang mendorong IMPOR BERAS untuk mematikan petani nusantara!

Hari ini kami kembali mengajak Alumni-Alumni IPB yang peduli dengan petani untuk MENOLAK IMPOR BERAS dan memviralkan seruan ini sehingga menjadi dorongan kuat juga agar pemerintah tidak melakukan kebijakan yang salah yang malah menyengsarakan petani.

Dari PETA NUSA dan Alumni IPB untuk petani nusantara

Petrus Budiharto - Syarif Niskala



Hari ini: Syarif mengandalkanmu

Syarif Niskala membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Jusuf Kalla: STOP Impor Beras Menjelang Panen Raya". Bergabunglah dengan Syarif dan 131.136 pendukung lainnya hari ini.