Petition update

Sudah 3 Perusahaan Divonis Terbukti Bersalah

Nurul Fitria
Pekanbaru, Indonesia

Nov 19, 2020 — 

Halo teman-teman, apa kabarnya? Semoga sehat selalu.

Setahun berlalu sejak petisi ini saya buat, ada kabar baik yang ingin saya sampaikan ke teman-teman. Sejak petisi ini dibuat dan kini sudah ditandatangani lebih dari 257 ribu pendukung, progres penegakan hukum untuk korporasi pelaku karhutla pun semakin baik.

Kalian masih ingatkan, pada September tahun lalu, KLHK telah menetapkan 10 perusahaan pembakar hutan dan lahan di Riau.

Selama 1 tahun ini, sudah 5 perusahaan yang disegel tersebut diproses ke pengadilan. Tiga diantaranya sudah divonis terbukti bersalah dan dikenai pidana denda serta tambahan hukuman memperbaiki kerusakan lingkungan yang diakibatkan dari pembakaran tersebut.

Ketiga perusahaan tersebut diantaranya; PT Adei Plantation & Industry yang divonis denda Rp 1 miliar dan tambahan biaya pemulihan lingkungan Rp 2.9 miliar. PT Sumber Sawit Sejahtera divonis denda Rp 3.5 miliar dan pidana tambahan perbaikan lingkungan Rp 38 miliar serta PT Tesso Indah didenda Rp 1 miliar dan perbaikan lingkungan Rp 24 miliar.

Sedangkan dua perusahaan lainnya, PT Gelora Sawit Makmur dan PT Wana Subur Sawit Indah masih dalam proses persidangan.

Masih tersisa 5 perusahaan lainnya yang kita nantikan progress penegakan hukumnya. Semoga aparat penegak hukum segera memproses 5 perusahaan tersebut sehingga mendapatkan hukuman yang setimpal karena telah mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan serta kerusakan lingkungan ya.

Untuk itu, saya meminta bantuan teman-teman untuk terus membagikan petisi ini ya. Karena suara kamu sangat berarti untuk mendorong penegakan hukum terhadap korporasi pembakar hutan dan lahan agar dikenai sanksi dan tidak lagi mengulangi tindakannya tersebut.

Salam
Yaya

Jikalahari


Untuk mengetahui proses persidangan dari setiap perkara, sila kunjungi:
Hasil Sidang PT Sumber Sawit Sejahtera

Hasil Sidang PT Tesso Indah

Hasil Sidang PT Adei Plantation & industry

Hasil Sidang PT Gelora Sawit Makmur

Hasil Sidang PT Wana Subur Sawit Indah

 


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.