Penetapan Status Bencana Nasional Untuk Lombok

0 telah menandatangani. Mari kita ke 10.000.


Bencana alam adalah sebuah fenomena alam yang tidak dapat kita hindari, tidak dapat kita ramalkan bagaimana dan kapan akan terjadi. Ketika alam sudah mulai sudah menampakkan gelagat - gelagatnya maka yang bisa kita lakukan hanyalah berlindung dan pasrah seraya memohon bantuan dari yang maha kuasa.

Gempa adalah salah satu bencana alam yang kita tidak bisa hindari yang dapat di sebabkan oleh pergeseran atau pergerakan lempeng bumi sehingga menimbulkan goncangan di permukaan bumi. Goncangan itulah yang menimbulkan kerusakan infrastruktur, kerusakan mental, hingga memakan korban jiwa.

Nusa Tenggara Barat (Pulau Lombok, Pulau Sumbawa) hingga bali telah terjadi gempa bumi yang tiada henti berguncang. Menurut data dari BMKG ( Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yang mencatat aktivitas gempa lombok. Tercatat gempa dengan skala diatas 5.0 SR terjadi semenjak tanggal 29 Juli 2018 sudah sebanyak 29 kali dengan gempa 7.0 SR terjadi 2 kali. data yang di sebutkan adalah data real dari BMKG untuk gempa di atas 5.0 SR namun menurut para penduduk lombok dan sekitarnya gempa yang terjadi di lombok mungkin sudah terjadi ratusan kali semenjak pertama kali lombok di goncang gempa.

akibat dari gempa yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (Lombok dan sekitarnya) ini banyak warga yang kehilangan tempat tinggal, kekurangan bahan pangan, tidak memiliki pakaian lagi, listrik padam, tidak ada air minum yang bersih, korban jiwa berjatuhan. menurut Indonesia Correspondent for ABC Australia yaitu David Lipson bahkan sampai 350.000 orang kehilangan rumah, 68.000 rumah hancur, ada lebih dari 436 jiwa meninggal dunia dan ada lebih dari 1300 orang luka - luka. Semua fakta yang di uraikan di atas dapat di kroscek kembali karena sewaktu - waktu dapat berubah hingga tulisan ini di posting masih terjadi gempa.

Timbulah pertanyaan sampai kapan lombok harus menunggu agar bencana gempa di lombok naik status menjadi bencana nasional, karena penetapan status dan tingkat bencana nasional dan daerah memuat indikator jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan sarana dan prasarana, cakupan luas wilayah yang terkena bencana, dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan. Penetapan status darurat bencana untuk skala nasional dilakukan oleh Presiden, skala provinsi oleh Gubernur, dan skala kabupaten/kota oleh Bupati/Walikota. Ketentuan penetapan status dan tingkatan bencana diatur dengan Peraturan Presiden (PP).

Pemerintah terlalu sibuk dengan urusan politik, kita terlalu sibuk dengan #2019GantiPresiden atau #Jokowi2Periode. hingga melupakan inti dari tagar tersebut adalah Indonesia itu sendiri. dengan meriahnya hari ulang tahun indonesia yang ke 73 dan semarak ASIAN GAMES negara sampai melupakan bahwa ada satu bagian di Indonesia ini yang sedang berjuang melawan goncangan gempa hingga saat ini.

Mari sama - sama kita galang petisi ini untuk bapak Bupati, bapak Gubernur, dan bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan yang terlibat di dalamnya agar hatinya tergugah untuk segera menjadikan bencana gempa bumi lombok menjadi Bencana Nasional.

Terima kasih sudah singgah dan memberikan tanda tangan pada petisi ini, maaf apabila data atau tulisan yang kurang berkenan. Salam 

 



Hari ini: SenduLalu mengandalkanmu

SenduLalu membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Penetapan Status Bencana Nasional Untuk Lombok". Bergabunglah dengan SenduLalu dan 9.283 pendukung lainnya hari ini.