Jadikan Pelanggan PLN sebagai Pemilik.

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


PLN

Layanan buruk PLN adalah momentum yang tepat untuk segera kita kooperasikan!

Dari total BUMN kita yang sebanyak 119, ada baiknya mulai dipikirkan kearah pergeseran ke model kepemilikan koperasi ini. Sebut saja, misalnya dimulai dari konversi PT (Persero). PLN menjadi Koperasi Pubik Listrik (KPL).

Andaikan BUMN yang satu ini dapat dikonversi menjadi milik masyarakat pelanggannya maka akan ada 80 juta masyarakat Indonesia yang menjadi pelanggannya berubah menjadi pemegang sahamnya. Dan, ini artinya akan ada peluang untuk mendorong masyarakat seluruh Indonesia untuk mendukung proses elektrifikasi dengan turut berinvestasi.

Secara perlahan, beban utang yang selama ini telah menyedot potensi keuntungan PLN akan dapat disubstitusi oleh bagian keuntungan dari para pelanggan-pemiliknya.

Selain itu, dengan model kepemilikan pelanggan ini, seluruh masyarakat akan turut  mendorong agar perusahaan listrik ini menjadi lebih transparan dan akuntabel. Sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Kita dapat mencontoh model kepemilikan perusahaan koperasi listrik di Amerika Serikat yang selama ini beroperasi di 51 negara bagian, seperti National Rural Electricity Co-operative Association (NRECA).

Layanan buruk PLN adalah momentum yang tepat untuk segera kita kooperasikan!

Ayo kooperasikan PLN, dan demokratisasikan PLN!

#PLN #listrik #bumn #blackout #sengon