Hentikan sirkus lumba-lumba! Jangan biarkan hewan pintar ini tersiksa dikolam sirkus!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Yang terkena dampak dari sirkus lumba-lumba

- adalah lumba-lumba itu sendiri. Sebab sebelum lumba-lumba tersebut lincah diarena sirkus, ia harus disiksa terlebih dahulu agar memberikan penampilan yg baik pada saat sirkus berlangsung. Bahkan tidak hanya itu, dari tata cara pemindahannya pun sangat tidak layak. lumba-lumba harus kelaparan agar menjadi hewan yg penurut diarena sirkus. Bahkan air yg dipakai untuk kolam sirkus tersebut bukanlah air laut asli, melainkan air tawar yg dicampur dengan klorin dan garam. Bayangkan betapa kejamnya tindakan manusia??!! saya sendiri masih tidak mengerti kenapa sirkus lumba-lumba ini masih diadakan! Terutama sirkus lumba-lumba ini sedang berlangsung di Mall Lembuswana, Samarinda, Kalimantan Timur. Jadi saya sangat berharap agar Bapak Presiden Joki Widodo bisa menindaklanjuti petisi saya ini.

solusi yg bisa saya berikan : 

- solusi yg saya berikan adalah saya ingin lumba lumba tersebut kembali ke habitat asliny dilaut lepas, terutama sirkus sirkus liar. Oke, jika memang ingin memberikan edukasi, hewan hewan tersebut bisa ditempatkan secara sangat layak, dan semaksimal mungkin dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Bahkan jika perlu hewan seperti lumba lumba tersebut hanya boleh dipertontonkan dalam kurun waktu tertentu saja, dan tidak bersifat monoton atau permanen. Sehingga lumba lumba tersebut tidak menjadi korban kekerasan. Atau jika memang ingin dijadikan edukasi, lumba-lumba tersebut bisa disaksikan saja langsung lewat kegiatan tour di laut. Dan bagi para pekerja sirkus, saya yakin ketika sirkus tersebur ditutup pemerintah republik indonesia pasti bisa lebih tau dan paham dapat mempekerjakan mereka dimana. 

 Harapan saya kepada pembaca : 

- lumba lumba adalah binatang yg menggemaskan, semua orang pasti sangat ingin melihatnya dan menyentuhnya secara langsung dan dekat, tapi teman teman semua, lumba lumba adalah hewan yg memang habitatnya hidup,tinggal,dan berkembamg biak dilautan lepas, bukan dikolam arena sirkus. Bayangkan jika kita lebih menyukai arena sirkus lumba lumba, itu artinya kita hanya bisa melihat lumba lumba sekitar 2-5 tahun saja,sebab umur lumba lumba yg hidup diarena sirkus hanya bisa mencapai umur 2-5 tahun. Sedangkan jika kita mengembalikan lumba lumba ke habitat aslinya dilautan lepas, lumba lumba tersebut bisa hidup,tinggal dan berkembang biak bersama hingga mencapai umur 50tahun. Bayangkan saja jika mereka bisa bertahan selama itu pasti akan sangat banyak lumba lumba dilautan lepas. Dan semakin banyak pula generasi manusia yg bisa tau mengenai wujud dari hewan pintar dan cerdas ini.

Saya selaku penulis petisi ini, saya harap semua teman teman bisa membaca,membayangkan,dan memberikan sedikit hati nurani dan rasa kalian semua kepada hewan cerdas ini agar kehidupannya bisa tetap lestari dilautan lepas. Ayo teman teman semua kita kembalikan lumba-lumba ini ke habitat aslinya. Dan kita hentikan sirkus lumba-lumba!