Anregurutta Ambo Dalle sebagai Pahlawan Nasional

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2018, mari kita dukung pengusulan AGH. ABD Rahman Ambo Dalle atau yang familiar dipanggil Anregurutta Ambo Dalle sebagai Pahlawan Nasional. 

Anregurutta KH. Abd Rahman Dalle selalu mengenakan Jubah dengan paduan jas serta surban yang melingkar sebagai pelapis songkok beliau dikenal sebagai sosok yang familiar segala lapisan masyarakat baik dari kalangan pemerintahan, masyarakat petani hingga kalangan preman

K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle sebagai ulama yang disepuhkan di antara ulama-ulama di Sulawesi Selatan bersama B.S. Baranti sebagai ulama yang dituakan oleh sangat berjasa terhadap NKRI ketika bertindak sebagai saksi atau pendamping dalam pertemuan yang direncanakan antara DI/TII di bawah pimpinan Kahar Muzakkar dengan pihak TNI yang diwakili oleh Brigjen M. Yusuf selaku Pangdam XIV Hasanuddin untuk membicarakan kesepakatan damai yang dilaksanakan dalam wilayah Distrik Larompong Luwu.

Sebagai seorang ulama yang multi talenta, Anregurutta KH. Abd. Rahman Ambo Dalle juga dikenal sebagai seorang seniman, pedagang, serta intelektual yang produktif dalam menulis. Tidak kurang ada sekitar 25 judul buku telah dihasilkan oleh Beliau termasuk pedoman berdiskusi dalam Bahasa Arab, yakni kitab Miftahul Muzakarah dan tentang ilmu mantiq (logika) dalam kitab Miftahul Fuhum fil Mi’yarif Ulum

Dari beberapa rangkaian pengabdian yang dilakukan belaiau dari zaman ke zaman, dia menerima beberapa penghargaan baik dari pemerintah maupun lembaga pendidikan diantaranya Tanda kehormatan Bintang MAHAPUTRA NARARYA dari Presiden BJ. Habibie pada tahun 1999.

Pada akhirnya, ayo dukung pemberian gelar pahlawan nasional kepada Anregurutta Ambo Dalle, sebagai ganjaran atas dedikasi sang maha guru dari tanah bugis.



Hari ini: Muhammad Sapri mengandalkanmu

Muhammad Sapri Pamulu membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Dukung Anregurutta Ambo Dalle sebagai Pahlawan Nasional". Bergabunglah dengan Muhammad Sapri dan 433 pendukung lainnya hari ini.