Restrukturisasi Fintech (Pinjol)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Hai, saya adalah debitur dari fintech "kredivo" yg mana disaat ini merasa terbebani dengan adanya pandemic Covid19 di Indonesia yg mengharuskan lockdown di banyak lokasi, menyebabkan kesulitan dalam pendapatan sehari-hari.

Yg jadi masalah dengan kredivo ini adalah mereka tidak memberikan restrukturisasi (keringanan pembayaran kredit) dengan alasan "OJK saat ini menerbitkan peraturan yg berlaku hanya untuk Perbankan, belum berlaku untuk industri Fintech. Untuk kebijakan OJK tersebut ada didalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagaikebijakan Counter- cyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019".

Jadi apa gunanya Fintech tersebut dinaungi OJK?, jika dalam krisis keuangan begini kami para Debitur Fintech masih diperas untuk membayar tepat waktu, dan jika telat bayar tetap dikenakan denda/bunga yg teramat besar, saya dan para debitur lainnya juga mau bayar nya gimana? untuk makan saja sangat terbatas!

Kenapa OJK buat peraturan yg terbatas seperti ini (Restrukturisasi hanya untuk Perbankan), sudah mereka tau Perbankan tidak akan mudah memberikan kredit ke nasabah mereka yg golongan ekonomi nya menengah kebawah,. dan Fintech lah yg memiliki banyak dan pengguna terbesar nya dari kelas menengah kebawah, sepatutnya Fintech didahulukan dan juga ikut termasuk kedalam restrukturisasi kredit, Karena bunga dan denda mereka lebih besar daripada perbankan, yg mana jika terjadi keterlambatan bayar, denda nya itu sangat tidak wajar dan memberatkan para Debiturnya, belum lagi diteror oleh para debt collector mereka dan melakukan penyebaran data secara keji!

Jadi Tolong lah untuk OJK jika kalian memang adalah lembaga yg "berguna" untuk masyarakat, Tolong di buat peraturan baru, untuk semua Fintech yg ada di Indonesia ini untuk memberikan restrukturisasi kredit! Dan juga untuk Kredivo dan Fintech lainnya, "jika masih punya", tolong pakai logika sehat anda untuk memberikan restrukturisasi pada debiturmu yg mengalami kesulitan, jangan malah mengambil kesempatan (meraup keuntungan dari denda yg kami dapatkan karena terlambat bayar) disaat sulit begini.

Dan untuk para Debitur Fintech lainnya juga para Driver ojek online (yg memiliki pinjaman di Fintech) yg pastinya merasakan kesulitan yg sama, tolong di vote petisi ini, agar kita semua mendapatkan Keringanan yg merata di seluruh Indonesia, sekian dan terima kasih.