Clean Up & Pulihkan Bumi Jawa Timur Dari Timbunan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3)

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Jawa Timur saat ini sedang dalam kondisi darurat. Timbunan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) berupa Fly Ash, Bottom Ash, Spent Bleaching Earth (SBE), Karbon Aktif, Sludge Kertas dan Abu Slag Aluminium ada di beberapa titik wilayah kabupaten dan kawasan militer yaitu:

1.      Desa Manduro Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto.

2.      Desa Lakardowo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.

3.      Beberapa lokasi Kecamatan Sumobito dan Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

4.      Paciran, Kabupaten Lamongan (bekas galian C).

5.      Desa Babadan Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk.

6.      Desa Maesan Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

7.      Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

8.      Pinggir Jalan Raya Cuwiri-Pagerwojo Desa Pucangan Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung.

9.      Beberapa lokasi Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik.

10.  Bhumi Marinir Karang Pilang Kota Surabaya, 4 titik lokasi timbunan di halaman markas dan luar bangunan.

11.  Pusat Pendidikan dan Latihan Pertahanan Udara Nasional Kota Surabaya, lokasi timbunan di dalam markas.

12.  Markas Komando Armada Kawasan Timur (Koarmada II) Kota Surabaya, lokasi timbunan disamping lapangan Koarmada II.

13.  Angkatan Udara Republik Indonesia Kabupaten Pasuruan, lokasi seluaa 15 hektar.

14.  Gudang Pusat Senjata dan Optik II Kabupaten Sidoarjo, 12 s/d 13 hektar.

15.  Batalion Kavaleri 8 Kabupaten Pasuruan, lokasi timbunan di dalam markas.

16.  Pasukan Marinir 2 Kabupaten Sidoarjo, lokasi timbunan di dalam markas.

17.  Satuan Radar 222 Ploso Kabupaten Jombang, lokasi timbunan di dalam markas.

Limbah B3 tersebut ditimbun dan dibuang bebas (illegal Open Dumping) di kawasan militer, lahan terbuka, di pinggir jalan dan ada yang dijadikan sebagai pondasi tanggul sungai. Berdasarkan acuan pengelolaan limbah B3 dalam kegiatan penimbunan Limbah B3, seharusnya limbah wajib di fasilitasi sistem sanitary landfill, dimana ruang timbunan harus terlebih dahulu dipasang geomembran untuk mencegah kebocoran lindi, dilengkapi bangunan dinding cor pembatas, kemudian diproses remediasi dan dilakukan penyelesaian menggunakan cara coverbelt dengan tanaman.

Hal tersebut karena tidak maksimalnya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah dan pemerintah daerah dalam hal melaksanakan tugas dan wewenang serta tanggung jawabnya di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan pengelolaan limbah B3 yang di amanahkan dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014. Selain lemahnya pengawasan yang dilakukan penyelenggara negara, Jawa Timur tidak mempunyai Instalasi Pengelolaan Limbah B3 seperti halnya yang ada di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.  

Limbah B3 yang tertimbun secara terbuka akan menyebabkan pencemaran dan rusaknya lingkungan hidup karena berbagai macam senyawa berbahaya seperti timbal, besi, arsenik, mangan dan lain sebagainya. Belum lagi dampaknya terhadap kesehatan manusia yang berdekatan dengan timbunan limbah B3 tersebut. Sebagai salah satu contoh warga Desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto yang sampai saat ini harus berjuang mempertaruhkan nyawa karena pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan akibat kegiatan penimbunan illegal Limbah B3 oleh perusahaan pengelola limbah B3 yang berada di desa tersebut.

Jawa Timur harus berbenah dengan memperbaiki dan melakukan penegakan hukum sebagaimana mestinya yang telah diatur dan diamanahkan untuk menjaga kelestarian dan fungsi lingkungan hidup serta menjamin hak asasi manusia mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Yayasan Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah atau Ecologoical Observation and Wetlands Conservation (ECOTON), bertujuan memulihkan Jawa Timur dari Timbunan Limbah B3. Dalam pencapaian tersebut, ECOTON mendorong dan “memaksa” Presiden Joko Widodo untuk menginstruksikan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan dan Gubernur Jawa Timur untuk segera melakukan koordinasi dengan membentuk Satuan Tugas Khusus Penanganan Clean Up Limbah B3 dan Pemulihan Lingkungan Hidup yang telah terpapar dan terdampak pencemaran kegiatan penimbunan ilegal  Limbah B3

Bantu ECOTON mewujudkan Jawa Timur bersih dan sehat tanpa Timbunan Bahan Berbahaya dan Beracun!