Save Tebing Kutalingkung #savekutalingkung

0 telah menandatangani. Mari kita ke 5.000.


Area tebing Kutalingkung yang berlokasi di desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Citeurep, Kabupaten Bogor memiliki potensi sebagai tempat wisata minat khusus. Tebing Kutalingkung berada nyaris tersembunyi di lembah yang termasuk ke dalam area penambangan aktif PT. Indocement Tunggal Perkasa. Keberadaan tebing ini awalnya ditemukan oleh pemanjat tebing senior asal MPA Girigahana UPN Veteran Jakarta, yang bernama M. Yusmaryudi atau akrab disapa Yudi bersama pencinta alam Gembala Bogor pada awal Desember 2019.

Kutalingkung punya sejumlah keunikan yang berpotensi sebagai area destinasi wisata minat khusus di Jawa Barat. Tak seperti di beberapa lokasi panjat tebing lain, pemanjat tak perlu khawatir terkena panas matahari secara langsung. Sejauh ini sudah ada 13 jalur pemanjatan yang sudah dirintis oleh Yudi bersama pemanjat tebing lainnnya. Tingkat kesulitan tebing (grade) juga bervariasi dan cocok untuk lokasi latihan untuk pemanjat pemula hingga profesional. Namun, area tebing Kutalingkung berada di tengah area pertambangan bukit kapur PT. Indocement Tunggal Perkasa.

Area karst punya peran penting dalam kehidupan yaitu mitigasi perubahan iklim dan tempat flora fauna tumbuh. Alam yang lestari akan berdampak positif untuk kehidupan kita. Dan kami para pemanjat yang sering melakukan kegiatan disana, meminta kepada pihak-pihak yang berwenang agar tidak melanjutkan penambangan di area tebing Kutalingkung dan mengijinkan kami untuk melanjutkan kegiatan panjat tebing kami di masa yang akan datang. Akan banyak lagi rute-rute baru pemanjatan yang masih akan kami buat disana. Ini kami lakukan semata-mata adalah untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan kegiatan olah raga panjat tebing bagi khalayak ramai di lokasi yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta.

(quoted & edited from FB: Wahyu Adityo Prodjo)