Gubernur Sulawesi Selatan profNurdin Abdullah & KSDA Sulsel, Tolak Sirkus Lumba!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 75.000.


Teman-teman, sirkus lumba-lumba kini sudah sering diawasi dan dibatalkan di beberapa daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Tapi penyiksaan lumba-lumba berkedok sirkus itu kini mau diadakan di Makassar.

Sebagai warga Makassar, saya nggak terima kalau kota saya mau dijadikan tempat untuk mempertontonkan sirkus lumba-lumba yang bikin hewan itu tersiksa bahkan mati. 

Setelah di adakan di Kota Makassar, sirkus lumba-lumba kembali di adakan di kota Parepare, setelah itu di mana lagi??


Lumba-lumba itu hewan yang sangat sensitif dan peka sama suara. Banyak lumba-lumba yang dapat perlakuan kejam di sirkus. Mulai dari dipukul, sengaja dibuat lapar agar lumba-lumba "mendengar" perintah dari pelatih mereka, tinggal di kotak sempit, hingga dilumuri mentega waktu mereka dikirim lewat kargo dari satu kota ke kota lainnya. 

Sirkus lumba-lumba sering mengabaikan lima prinsip kesejahteraan hewan yang juga diatur dalam Peraturan Dirjen Perlindungan Hutan Dan Konservasi Alam tentang Pedoman Etika Dan Kesejahteraan Satwa Di Lembaga Konservasi dan tentang Peragaan Lumba-lumba.

Terkait polemik sirkus lumba-lumba itu, Kementerian Kehutanan sebenarnya tidak tinggal diam. Pada 2013 lalu, terbit surat edaran terkait sirkus keliling lumba-lumba yang BKSDA masing-masing wilayah untuk mengawasi teknis dan administrasi peragaan lumba-lumba di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Nah sekarang, tantangan kita sekarang untuk menghentikan sirkus lumba-lumba di Makassar yang akan diadakan pada 3 Agustus-1 September di pelataran parkir Mall Panakkukang square Makassar.

Banyak pecinta satwa dan teman-teman penggiat komunitas Makassar ikut memprotes sirkus lumba-lumba di Makassar. Kalau kalian juga peduli dengan lumba-lumba, tolong dukung dan sebarkan petisi ini ke teman-teman dan media sosial kalian ya.

Mari sama-sama bersuara ke Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb untuk membatalkan izin sirkus lumba-lumba di Makassar. Kita bisa hentikan sirkus lumba-lumba di kota lain. Sekarang kita juga pasti bisa hentikan penyiksaan lumba-lumba di Makassar. 

Salam,

Ahsin Arifuddin