Petisi ditutup

Menolak Pembangunan Resort dan Villa di Pulau Menjangan.Bali

Petisi ini mencapai 754 pendukung


PETISI

  • Menteri Kehutanan dan Lingkungan, Ibu Siti Nurbaya
  •                     
  • Gubernur Bali, Bapak Mangku Pastika  
  •                                                             
  • Bupati Buleleng, Bapak Agus Suradnyana            
  •                                                 
  • Ketua DPRD Kab.Buleleng, Bapak Gede Supriatna

Kami menyampaikan misi untuk MENOLAK PEMBANGUNAN RESORT & VILLA EKSLUSIF DI PULAU MENJANGAN oleh PT. Puri Tirta Propertindo di Pos 1 Pulau Menjangan karena melanggar Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Buleleng No. 9 Tahun 2013 dan Perda Provinsi Bali Nomor 16 Tahun 2009 sekaligus meminta kepada para pemberi kebijakan untuk tetap memelihara kawasan konservasi Pulau Menjangan sebagai kawasan suci.

Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni dan letaknya terpisah dari Pulau Bali, berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Kawasan Pulau Menjangan adalah kawasan yang disucikan oleh umat Hindu Dharma karena disana ada pura-pura tua yang agung dan konservasi kawasan suci ini pun telah ditetapkan dalam pasal 50 Perda RTRW Provinsi Bali dan Pasal 71 Perda RTRW Kabupaten Buleleng. Di Pulau Menjangan terdapat Pura Dang Kahyangan yakni Pura Klenting Sari. Sesuai Perda RTRW Provinsi Bali dan Perda RTRW Kabupaten Buleleng disebutkan Pura Dang Kahyangan dengan radius sekurang-kurangnya apeneleng alit kurang lebih 2.000 meter dari sisi luar tembok penyengker Pura. 

Pulau Menjangan adalah pulau yang tidak berpenghuni penduduk, berpasir putih, yang kecantikannya laksana mutiara Bali ini merupakan tempat habitat MENJANGAN, BANTENG, BURUNG JALAK BALI, termasuk burung yang langka di dunia yang sekarang populasinya semakin menurun. Selain itu kawasan ini memiliki taman laut yang indah, yang menjadi daya tarik tersendiri, ada Hutan Mangrove, Savana, Hutan Musim, Hutan Hujan, Hutan Pantai dan Hutan Tanaman. Kawasan Taman Nasional Bali Barat adalah sisa hutan terakhir di Bali, maka dari itu sangatlah wajib kita lestarikan sebagai kawasan konservasi.

Melalui petisi ini, kami dari Manik Bumi Foundation,  menyampaikan penolakan kami akan rencana pembangunan resort, yang tentu saja kini dan nanti akan menjadi sebab hancurnya kawasan suci ini. Jangan menggunakan atas nama kesejahteraan, jangan juga mengatasnamakan peduli Bali. Pembangunan untuk pariwisata di kawasan suci di Bali telah terlalu nyata meminggirkan keyakinan orang Bali. Tolong hormatilah kearifan lokal dan tradisi beragama kami di Bali. 

Kalau kita cinta Bali, cinta Indonesia, mari tanda tangani dan sebarkan seluas-luasnya petisi ini, tunjukkan kalau Pulau Menjangan bukan untuk dibangun resort dan villa, tetapi untuk tempat bersembahyang umat Hindu Dharma, untuk kedamaian hati dan bumi manusia. 

Salam Bumi dari Bali Utara

***

Petisi ini digalang oleh Manik Bumi Foundation, yayasan yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan budaya, atas dasar inisiatif bersama untuk menyikapi rencana pembangunan resort dan villa di Pulau Menjangan. Bali. Kami terdiri dari gerakan mahasiswa, komunitas, seniman dan individu-indvidu peduli Bali. 

 



Hari ini: M mengandalkanmu

M F membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Gubernur Bali: Menolak Pembangunan Resort dan Villa di Pulau Menjangan.Bali". Bergabunglah dengan M dan 753 pendukung lainnya hari ini.