Bantu UMKM & UKM Tingkatkan Penjualan Online, Turunkan Potongan GoFood Menjadi Max 10%

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Dalam krisis pandemi CoVid-19 yang menimpa dunia termasuk Indonesia, semua sektor terkena dampaknya. Tak terkecuali, bahkan terbilang yang paling merasakan dampaknya adalah UMKM dan UKM yang bergerak di bidang kuliner. Kesadaran orang untuk social distancing tentunya mempengaruhi angka penjualan, utamanya untuk makan di tempat (dine-in). Oleh karenanya, sebagaimana yang dianjurkan oleh Pemerintah dan sejumlah pihak terkait termasuk Kemenkopukm dan SMESCO, masyarakat dapat mendukung UMKM dan UKM tersebut untuk tetap bertahan dalam krisis ini adalah dengan tetap melakukan pembelian produk makanan mereka secara on-line.

Tentunya, angka penjualan secara on-line tetap tidak dapat menyamakan penghasilan normal yang mereka dapatkan di masa normal (non-krisis). Toh, setidaknya, diharapkan dapat membuat cash flow positif untuk dapat selamat hingga titik di mana krisis ini akan berakhir. Selain tindakan lain untuk meminimalisir pengeluaran dengan mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu, teman-teman UMKM dan UKM juga memerlukan dukungan dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek Indonesia) yang selama ini menetapkan potongan jasa informasi serta layan antar GoFood sebesar 15% hingga 20% persen. Dukungan dari Gojek Indonesia itu dapat berupa keringanan potongan jasa menjadi maksimal 10% sementara waktu - selama krisis ini masih berlangsung. Toh, bukankah selama ini UMKM dan UKM juga merupakan mitra pendukung yang satu sama lain menghasilkan keuntungan bagi masing-masing pihak?

UMKM dan UKM sebagai aktor penggerak roda ekonomi Indonesia, yang tentunya dalam masa krisis ini membutuhkan bantuan berupa dukungan dari semua pihak agar dapat bertahan hingga masa sulit ini berakhir dan mereka dapat kembali menjalankan peran besarnya tersebut.

Catatan: Petisi ini bukan dimaksudkan untuk memotong jasa layan antar oleh pengemudi Gojek. Melainkan menurunkan sementara jumlah prosentase potongan jasa GoFood sebagai penyedia jasa via aplikasi Gojek Indonesia.