@dprd_kuningan Tolak Penurunan Fungsi Hutan Gunung Ciremai #SAVECIREMAI

0 telah menandatangani. Mari kita ke 7.500.


Ada rencana dari Pemkab Kuningan, untuk turunkan status Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) jadi Taman Hutan Raya (TAHURA). Semua untuk tingkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Artinya, perusahaan/investor bisa mulai buka tempat wisata skala besar. Izin cukup didapatkan dari pemprov. Dan itu berpotensi merusak ekosistem Gunung Ciremai!

Gunung Ciremai adalah paru-paru dan lumbung air di Cirebon. Selama ini, dilindungi dibawah status taman nasional. Izin untuk penggunaan hutan harus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, agar terlindungi dari tangan-tangan perusak lingkungan.

Dengan rencana ini, Ciremai yang terkenal sejuk, asri, dengan pemandangannya yang menenangkan bisa jadi GERSANG karena pembukaan lahan baru.

Padahal, saat ini masyarakat lokal gotong royong mengelola Gunung Ciremai. Mereka menjaga kelestarian, bahkan dapat manfaat ekonomi dari pengelolaan ini dengan buka koperasi dan wisata ramah lingkungan. Kalau perusahaan masuk, bisa bubar semua kearifan lokal ini.

Kami harus minta DPRD Kuningan menolak penurunan fungsi hutan TNGC menjadi TAHURA. Demi Kelestarian Gunung Ciremai, paru-paru, lumbung air, dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Salam,
Abdul Mugni
#SAVECIREMAI