Ganti Peraturan Bea Cukai Barang Masuk Individual Max 250USD!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 10.000.


Baru baru ini beredar video seorang ibu yang hendak kembali dari liburan dan membawa barang-barang belanjaannya yng diperiksa satu persatu dari tasnya. Petugas bea cukai meminta invoice atau bukti harga belanjaan si ibu dengan mengacak-acak isi koper si penumpang ini.

https://youtu.be/JGYGVmRsjpo

Masalahnya tidak dari semua kita tahu bahwa pembatasan barang impor pribadi individual adalah USD250 dan USD1,000 untuk keluarga. Kenyataan di lapangan, dari banyak testimoni para penumpang, banyak petugas bea cukai yang bertindak kasar dan menanyakan tanpa sopan santun. Dan banyak dari kita yang merasa keberatan untuk membayar pajak (untuk membeli barang yang kita konsumsi sendiri, bukan didagangkan) karena angka USD250 dikenakan pajak itu relatif tidak banyak. Kalau angka TOTAL pembatasan di indivdiual USD250 dan keluarga USD1,000 pada prakteknya mayoritas orang pasti kena peraturan ini. Jadi angka ini cenderung kecil dan memberatkan banyak orang.

Peraturan ini sesuai dengan “Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 Tahun 2010 tentang Impor Barang Yang Dibawa Oleh Penumpang, Awak Sarana Pengangkut, Pelintas Batas, dan Barang Kiriman (“Permenkeu 188/2010”).”

“Batas nilai pabean yang diberikan pembebasan bea masuk adalah:
a. Paling banyak FOB USD 250 (dua ratus lima puluh US Dollar) per orang: atau
b. Paling banyak FOB USD 1,000 (seribu US Dollar) per keluarga untuk setiap kedatangan.”

Nilai USD250 di tahun 2017 tidak akan sama value nya dengan 2010 pada saat peraturan ini dibuat, itulah kenapa salah satu alasan angka ini perlu ditinjau ulang.

Mungkin tujuan pembatasan impor barang untuk individual ini baik karena bertujuan agar kita mengkonsumsi dan membeli yang di dalam negri, namun angka USD250 perlu ditinjau ulang karena angka tersebut relatif kecil dibanding negara tetangga, Singapore misalnya, yang dikenakan pajak GST 7% jika melebihi SGD600. 

Kita menuntut peninjauan ulang pertauran USD250 ke angka yang lebih waras dan wajar untuk dikenakan pajak, misal USD1,000 ke atas perindividual dan USD2,000 ke atas untuk keluarga misalnya. 

Kita juga menuntut untuk sosialisasi peraturan yang jelas menyeluruh sehingga setiap penumpang mengerti dan membaca peraturan ini. Jika perlu di counter imigrasi dikomunikasikan secara jelas. 

Terakhir kita menuntut untuk mengubah perilaku dan sikap pelayanan bea cukai yang cenderung tidak sopan untuk lebih bersahabat, informatif dan tidak pilih-pilih dan merata, sehingga penumpang biasa, pejabat negara bahkan public figure mendapat perlakuan dan pemeriksaan yang sama.



Hari ini: William mengandalkanmu

William Apriando membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Direktorat Jendral : Ganti Peraturan Bea Cukai Barang Masuk Individual Max 250USD!". Bergabunglah dengan William dan 9.317 pendukung lainnya hari ini.