Berantas Media Clickbait Untuk Ekosistem Informasi Lebih Jernih

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Saat ini media online Indonesia banyak dijangkiti virus CLICKBAIT demi memburu pendapatan adsense (iklan) tanpa mempedulikan kualitas berita. Masyarakat banyak disajikan judul sensasional yang didramatisir demi umpan klik. Dengan fakta bahwa minat baca di Indonesia masih sangat rendah, ditambah kemampuan literasi yang masih sangat mengkhawatirkan, judul CLICKBAIT meracuni otak masyarakat.

Judul CLICKBAIT (sensasional dan menyesatkan) kerap digunakan media mainstream untuk mengeksploitasi rasa ingin tahu masyarakat (curiosity gap). Praktik ini merupakan manipulasi dengan mencurangi pembaca di mana judul tidak sesuai dengan isi konten berita. Jurnalisme di era clickbait saat ini seperti belati bermata dua, alih-alih mendapatkan klik sebanyak-banyaknya namun integritas jurnalistik tak lagi menjadi prioritas. Bisnis media berita seperti kecanduan clickbait di mana ‘klik’ berarti uang hingga kehilangan relevansinya.

Istilah "bait" dianalogikan seperti memancing, menggunakan kail umpan berupa bujukan atau ajakan agar target tertarik mengklik link tautan. Clickbait adalah istilah untuk konten web yang tujuan utamanya memancing pengguna untuk mengklik link agar masuk ke halaman web. Hal ini terutama dilakukan dengan mengorbankan kualitas dan akurasi, mengandalkan berita sensasional hingga banyak dibagikan ke media sosial.

Mari kita berjuang berantas praktik clickbait dengan menandatangani petisi ini agar ekosistem informasi di Indonesia menjadi lebih jernih!