Timotius Kambu 20 Thn Berjuang Memulihkan Hak Ketenagakerjaannya Setelah Dipecat Freeport

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Dalam perselisihan perburuhan paling berkepanjangan dalam sejarah Indonesia modern - hampir dua puluh tahun - seorang karyawan PT. Freeport Indonesia, Timotius  Kambu, dengan gigih terus berjuang memulihkan hak ketenagakerjaannya. Freeport memecat Timotius berdasarkan alasan kontrak kerja padahal status Timotius adalah karyawan tetap Freeport.

Perselisihan antara Timotius Kambu dan Freeport yang lebih menyerupai pertarungan antara David dan Goliath ini telah melewati proses peradilan hingga ke Mahkamah Agung dan di mediasi oleh berbagai lembaga (di antaranya: DPR, Depnaker, Ombudsman). Tanpa pengacara dan menghadapi divisi hukum salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia, Timotius mencapai keberhasilan-keberhasilan hukum yang tak terbantahkan.

Keberhasilan-keberhasilan hukum itu terdiri dari putusan-putusan hukum yang mengikat dan final yaitu keputusan P4D Jayapura tahun 2005 (16 Juni 2005 yang berkekuatan hukum tetap pada 19 Agustus 2005), keputusan peninjauan kembali MA Nomor 3 tahun 2006 dan Fatwa MA Nomor 33 tahun 2013 menyatakan bahwa Freeport Indonesia divonis bersalah melakukan pemecatan ilegal.

Oleh karena itu, Freeport Indonesia diwajibkan membayarkan gaji dan mempekerjakan kembali Timotius Kambu. Akan tetapi, semenjak 2006 putusan-putusan hukum Indonesia tersebut sampai saat ini tidak dipatuhi oleh Freeport Indonesia (SuaraPapua.com,16 November 2018)

Kita barangkali tergelitik untuk bertanya, mengapa Freeport Indonesia memilih untuk tidak membayar saja hak Timotius sesuai dengan PAsal 50 ayat 7 Perjanjian Kerja Bersama Freeport Indonesia juncto Putusan MA) ketimbang harus bertahun-tahun berpekara? Bisa jadi alasannya, karena Freeport Indonesia tidak ingin terlihat lemah dan bisa dikalahkan.

Mantan anggota DPR dan tokoh masyarakat Papua Ruben Gobay mengatakan bahwa jika Freeport Indonesia menuruti putusan MA, ada kekhawatiran para pegawai Freeport Indonesia lainnya yang juga memiliki (atau berpotensi memiliki) kasus kriminalisasi terhadap Sudiro, pemimpin serikat pekerja Freeport-akan terinpirasi untuk mengikuti jejak heroik Timotius Kambu (Sinarharapan.net, 9 April 2017)

Untuk itu saya mengajak kita semua untuk mendukung Bapak Timotius Kambu dalam memperjuangkan keadilan di dunia ini dan harapannya kiranya PT. Freeport Indonesia terketuk pintu hatinya serta Pemerintah Indonesia turut serta membantu dalam penegakkan hukum yang seadil-adilnya.



Hari ini: Steiven mengandalkanmu

Steiven kaligis membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Charles E. Schumer: Timotius Kambu 20 Thn Berjuang Memulihkan Hak Ketenagakerjaannya Setelah Dipecat Freeport". Bergabunglah dengan Steiven dan 5 pendukung lainnya hari ini.