Kembalikan Kereta CommuterLine Tangerang - Duri ke Jalur 4 Stasiun Duri!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


Tanggal 26 Maret 2018, PT. KCI mengubah jalur keberangkatan/kedatangan kereta CommuterLine jalur Tangerang - Duri - Tangerang ke Jalur 5 dari sebelumnya di jalur 4. Pemindahan ini (katanya) untuk mengakomodir peningkatan frekuensi KA Bandara dari/ke Bandara Soekarno - Hatta.

Yang menjadi permasalahan, Jalur 5 hanya memiliki satu eskalator naik/turun dan ditempatkan di satu titik yang sama. Sedangkan penyeberangan ke jalur lain yang melintasi rel terletak jauh di ujung peron. Alhasil, setiap jam sibuk (jam berangkat/pulang kantor), eskalator disesaki penumpang dari 8 s/d 10 gerbong kereta Tangerang - Duri - Tangerang yang akan berpindah jalur atau keluar dari Stasiun Duri. Selain itu, Jalur 5 tidak memiliki atap pelindung dari sengatan panas matahari dan air hujan. Sehingga calon penumpang yang menunggu keberangkatan atau turun dari kereta, tidak dapat berlindung ketika hujan turun atau panas terik.

Yang menjadi perhatian saya, penumpang CommuterLine Tangerang - Duri - Tangerang yang merupakan penumpang prioritas (ibu hamil, ibu membawa anak kecil serta lansia) harus ikut berdesak-desakan menggunakan eskalator bersama penumpang lainnya. Resiko keselamatan mereka sangat besar karena setiap penumpang dikejar waktu untuk segera berpindah ke jalur lainnya sehingga konsentrasi penumpukan penumpang di eskalator naik/turun sangat tinggi karena alternatif penyeberangan lainnya tidak memadai. Selain itu, resiko kerusakan eskalator karena menerima beban yang sangat berat secara terus-menerus juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.  

Sebagai tambahan, mulai tanggal 29 Maret 2018 nanti, PT. KCI akan mengurangi headway kereta CommuterLine Tangerang - Duri - Tangerang menjadi 30 menit dan menambah rangkaian gerbong menjadi 12 gerbong pada setiap keberangkatan. Ini akan menambah keruwetan di Jalur 5 Stasiun Duri, karena dengan headway 30 menit dan 12 gerbong rangkaian kereta, jumlah penumpang yang bisa diangkut dalam setiap keberangkatannya akan jauh lebih banyak dari sebelumnya. Sementara di Jalur 5 Stasiun Duri, TIDAK ADA eskalator tambahan untuk mengakomodir lonjakan penumpang ini.

Kami mohon dengan sangat, kepada Bapak/Ibu pengambil keputusan serta pemangku kepentingan yang terkait dengan kereta CommuterLine ini (PT. KCI, PT. KAI, Kemenhub, Kementerian BUMN) agar mendengarkan aspirasi kami serta mengembalikan keberangkatan/kedatangan kereta CommuterLine Tangerang - Duri - Tangerang ke jalur 4 lagi seperti sebelumnya demi keselamatan penumpang, terutama penumpang prioritas (ibu hamil, ibu membawa anak kecil serta lansia) serta untuk menghindari terjadinya kericuhan yang dapat merugikan kepentingan bersama.

Saya sudah melaporkan hal ini kepada CommuterLine berkali-kali melalui Twitter, tetapi hanya ditanggapi secara normatif saja. Mohon agar Bapak/Ibu dapat memahami kekhawatiran atas keselamatan kami sebagai pengguna setia kereta CommuterLine Tangerang - Duri - Tangerang.

Bersama dengan petisi ini, saya mohon dukungan dari rekan-rekan pengguna kereta CommuterLine Tangerang - Duri - Tangerang serta pihak-pihak lain yang menaruh perhatian dengan pelayanan publik untuk menandatangani petisi ini. Semoga petisi yang saya buat ini dapat mewakili kepentingan dan aspirasi pengguna kereta CommuterLine Tangerang - Duri - Tangerang lainnya.

Demikian disampaikan, terima kasih sebelumnya.



Hari ini: Yudhi mengandalkanmu

Yudhi Mardani membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Budi Karya Sumadi (Menhub RI): Kembalikan Kereta CommuterLine Tangerang - Duri ke Jalur 4 Stasiun Duri!". Bergabunglah dengan Yudhi dan 1.362 pendukung lainnya hari ini.