She Creates Change

Press Release

Oct 18, 2019

She Creates Change: Green Camp Pertemukan 21 Perempuan Pembuat Perubahan Lingkungan

Jakarta, 18 Oktober 2019 – Change.org Indonesia untuk pertama kalinya mengadakan program She Create Change (SCC): Green Camp, sebuah pelatihan bertemakan lingkungan hidup yang mempertemukan 21 perempuan penggerak perubahan dari berbagai pelosok Indonesia untuk bekerja sama, menginspirasi dan mendukung satu sama lain dalam kampanye-kampanye lingkungan hidup dan perlindungan alam. Program ini diadakan selama lima hari mulai tanggal 24 sampai dengan 28 Oktober 2019 di Saung Nini, Cianjur, Jawa Barat. 

“Banyak kampanye lingkungan yang sukses di platform Change.org dimulai oleh perempuan. Mereka berhasil mengumpulkan ratusan ribu hingga sejutaan lebih dukungan masyarakat. Tentunya ada banyak perempuan-perempuan penggerak perubahan lainnya dari berbagai pelosok Indonesia. Namun, kebanyakan perempuan merasa tidak memiliki kemampuan berkampanye ataupun menggalang dukungan, sehingga proses membuat perubahan terasa mengintimidasi,” kata Desmarita Murni selaku Project and Partnership Director Change.org Indonesia.

Dalam program ini, peserta akan dibekali pengetahuan dan kemampuan berkampanye oleh tokoh inspiratif yang berpengalaman di bidangnya. Diantaranya, Andhyta Firselly Utami, ekonom lingkungan dari Bank Dunia; Chitra Subiyakto, pendiri brand Sejauh Mata Memandang; Ayu Oktariani, aktivis penanggulangan HIV di Indonesia; Dwi Ariyani,  Program Officer untuk Indonesia for the Disability Rights Fund and the Disability Rights Advocacy Fund; Gita Syahrani, Direktur Eksekutif Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL); dan Riry Silalahi, musisi dan co-founder Hutan Itu Indonesia. 

“Melalui program ini, kami ingin melihat para perempuan changemakers bekerja sama untuk mengubah narasi dalam isu-isu lingkungan agar lebih sensitif gender. Fakta menunjukkan bahwa perempuan seringkali menjadi korban yang paling terpinggirkan akibat terjadinya kerusakan lingkungan, sehingga keterlibatan dan solusi yang digerakkan oleh perempuan menjadi semakin dibutuhkan dan sangat penting,” tambah Desma.

Dari 1200 pelamar, telah dipilih 21 peserta terbaik yang akan mengikuti program She Creates Change: Green Camp. Kedepannya, diharapkan mereka dapat saling terhubung, membentuk sebuah ekosistem atau komunitas perempuan penggerak perubahan yang saling mendukung untuk mengatasi tantangan diskriminasi dan melawan ketidakadilan, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam. 

Terima kasih kepada KBR, Womantalks, Magdalene, dan Mongabay yang sudah mendukung Program She Creates Change: Green Camp sebagai mitra media.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang profil-profil peserta dan narasumber She Creates Change: Green Camp serta detil kegiatan lainnya silakan klik tautan ke BUKU PROGRAM

——————————————————————————————————————–

Media Contact: 

Jeanne Sanjaya – Campaigner Change.org Indonesia  (0878-2220-4401)