Catatan Akhir Tahun

Isu Demokrasi dan Antikorupsi Terpopuler di Change.org Tahun 2019

Jan 16, 2020

Di tahun 2019, Change.org melihat semakin banyak orang yang berani menyuarakan kepeduliannya terhadap isu sosial. Ini terbukti dengan jumlah pengguna Change.org yang mencapai lebih dari 13 juta pengguna. Jumlah ini meningkat 6 juta lebih dari pengguna pada tahun 2018. 

Tak hanya itu, tercatat lebih dari 2,5 juta pengguna mengalami kemenangan melalui petisi yang mereka inisiasi dan dukung. Ini menunjukkan dampak dari partisipasi masyarakat dalam menyuarakan aspirasinya melalui petisi daring.

Berbeda dengan tahun 2018 yang didominasi oleh petisi bertemakan lingkungan, tahun 2019 gerakan sosial pada platform digital Change.org banyak didominasi oleh kampanye bertema demokrasi dan antikorupsi. Tren tersebut sejalan dengan adanya momentum pemilihan presiden dan legislatif; dan aksi besar-besaran bertajuk #ReformasiDikorupsi yang menolak beberapa undang-undang yang dinilai tidak demokratis pada penghujung tahun 2019. 

Salah satu petisi yang paling populer adalah #SemuaBisaKena yang berhasil mendapatkan kemenangan dan dukungan lebih dari 1 juta tanda tangan masyarakat. Petisi ini juga menjadi salah satu kanal yang digunakan publik untuk menyuarakan gelombang penolakan yang besar sehingga DPR RI akhirnya membatalkan RKUHP yang kontroversial.

Kategori petisi terpopuler lainnya antara lain tentang hak anak, perlindungan hewan, lingkungan dan hak asasi manusia.

Selengkapnya, simak infografis gerakan sosial daring tahun 2019 di bawah ini.

Apa yang ingin kamu ubah di 2020? Mulai petisimu disini

Infografis Dinamika Gerakan Digital 2018