Dukung Evaluasi PEMILU 2019 dan kinerja KPU untuk demokrasi Indonesia lebih baik

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Jutaan orang berjuang dalam mewujudkan demokrasi yang jujur berkeadilan demi tercapai cita-cita negera Indonesia yang sejahtera. Ratusan orang meninggal dalam upaya mewujudkan cita-cita ini. Maka jangan sampai kita berhenti sampai disini, mari kita lanjutkan perjuangan mereka yang telah gugur agar tak sia-sia dengan MENDUKUNG, MENYEBARKAN DAN MENANDATANGANI petisi Evaluasi PEMILU 2019 dan kinerja KPU RI.

Perhelatan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 sudah dilaksanakan. Proses pemilu pada tahun ini agak sedikit berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemilu kali ini dilaksanakan serentak antara pemilu legislatif dan juga presiden. Hal ini pertama kali terjadi sehingga banyak menuai puji dan kritikan.

Proses pemilu serentak ini dilaksanakan oleh KPU dengan infrastruktur dibawahnya. Bukan hanya KPU, namun Jutaan masyarakat indonesia terlibat dalam proses demokratisasi indonesia ini. Keterlibatan ini untuk mewujudkan demokrasi yang jujur berkeadilan demi tercapai cita-cita negera Indonesia yang sejahtera.

Namun banyak catatan dan evaluasi yang perlu dilakukan dalam proses pemilu kali ini. Mulai dari DPT yang masih menuai polemik hingga hari pemilihan. Dilanjutkan dengan lambatnya distribusi surat suara ke daerah-daerah terpencil indonesia. Ditambah polemik terkait dengan kotak suara yang terbuat dari kardus. Selain itu pernah juga ditemukan berkarung-karung surat suara yang sudah tercoblos. Hingga puncaknya adalah banyak petugas pemilu, baik KPPS, saksi, dan masyarakat yang meninggal dalam proses pemungutan suara pada pemilu 17 April 2019 kemarin.

Banyak kekurangan dan banyak hal yg harus dievaluasi dan diperbaiki berkaitan dengan sistem pemilu dan juga kinerja pelaksana pemilu. Oleh karena itu, KAMMI mendorong agar dilaksanakan evaluasi secara menyeluruh terkait dengan proses pemilihan umum kali ini, agar kedepan kekurangan kekurangan yang ada tidak terjadi lagi dan juga kualitas demokrasi indonesia semakin menjadi lebih baik.

Jangan sampai berhenti disini, mari kita dukung pemerintah, DPR dan perangkat negara lain untuk sama-sama mengevalusi sistem pemilu dan juga kinerja KPU sebagai pelaksana pemilu.

Mari kita lanjutkan perjuangan dengan MENDUKUNG, MENYEBARKAN DAN MENANDATANGANI petisi Evaluasi PEMILU 2019 dan kinerja KPU RI.

Tertanda,
Fadly Idris,
Direktur Lembaga Pemantau Pemilu KAMMI

Mengetahui,
Irfan Ahmad Fauzi,
Ketua Umum PP KAMMI