Petition update

Mendikbud Tengah Merancang Aturan Basmi Kekerasan Seksual

Tyas Widuri
Jakarta, Indonesia

Mar 30, 2021 — 

Teman-teman, tahun lalu kita bertemu Mas Menteri Nadiem Makarim untuk serahkan petisi ini dan cari solusi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kampus.

Saat itu Mas Menteri Nadiem berkomitmen untuk buat aturan agar kekerasan seksual di kampus bisa diberantas. Gimana perkembangannya sekarang?

Nah, belum lama ini, Mas Menteri bilang kalau Kemendikbud tengah merancang aturan untuk membasmi tiga dosa di dunia pendidikan antara lain intoleransi, kekerasan seksual dan, perundungan.

Lewat wawancara di media nasional, Pak Nadiem bilang kalau mereka tengah menggodok peraturan menteri terkait kekerasan seksual di perguruan tinggi. Semoga peraturannya cepet selesai ya...

Selain itu, Pak Nadiem juga bilang sedang merumuskan mekanisme terbaik untuk menindaklanjuti laporan kasus dari tiga dosa pendidikan mulai dari yang terjadi di jenjang PAUD, pendidikan dasar hingga, sekolah menengah.

Sebenarnya penanggulangan kasus kekerasan di sekolah sudah diatur dalam Permendikbud No. 82/2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Namun, menurutnya, pelaksanaannya belum maksimal. Hanya sebagian kecil dari ikhtiar pendidikan yang menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung dan ramah bagi perempuan.

Pak Nadiem berpesan kalau upaya ini juga perlu didorong dengan kesadaran dan kemauan seluruh lapisan masyarakat.

"Lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung bagi perempuan mulai dari rumah, sekolah, perguruan tinggi sampai tempat kerja akan mendorong kemunculan lebih banyak perempuan pemimpin di masa depan," kata pak Nadiem.

Teman-teman di Gerak Perempuan masih terus mengawal kampanye ini dan terus meminta agar Peraturan tersebut segera diterbitkan. Kami akan terus update ke kalian soal perkembangan kampanye ini.

Yuk terus bersuara untuk mendukung rencana ini di medsosmu ya. Kita tunjukkan dorongan kepada pak Nadiem dalam merumuskan aturan untuk membasmi tiga dosa di dunia pendidikan, kekerasan seksual salah satunya.

Terima kasih ya teman-teman sudah terus suarakan petisi dan stop kekerasan seksual

Salam,
GERAK Perempuan

Nadiem Minta Kampus Bentuk Tim Cegah Kekerasan Seksual


Keep fighting for people power!

Politicians and rich CEOs shouldn't make all the decisions. Today we ask you to help keep Change.org free and independent. Our job as a public benefit company is to help petitions like this one fight back and get heard. If everyone who saw this chipped in monthly we'd secure Change.org's future today. Help us hold the powerful to account. Can you spare a minute to become a member today?

I'll power Change with $5 monthlyPayment method

Discussion

Please enter a comment.

We were unable to post your comment. Please try again.