Penyelamatan Lapangan Kerja Retail & FnB dampak Bencana COVID-19

0 telah menandatangani. Mari kita ke 15.000.


Latar Belakang:

Kondisi Indonesia sekarang sedang dilanda Bencana Covid19 (surat keputusan Kepala Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 13 A tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona).

Bencana ini menyebabkan kehilangan pendapatan usaha kami sebesar 80-100%. Dimana kondisi seperti ini tidak pernah terpikirkan oleh kami akan pernah terjadi sehingga tidak ada skenario apapun dari kami untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana seperti ini.

Siapa kami:

Kami vang menandatangani petisi, mewakili pelaku retail, restoran, kedai kopi, penyangrai kopi di Indonesia yang mempekerjakan ratusan ribu karyawan beserta keluarga yang ditanggungnya. Selain itu usaha kami memiliki efek rantai pasok yang sangat penting atas konsumsi produk dalam negeri.

Permintaan kami:

Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah agar membantu kami dalam menyelamatkan seluruh lapangan pekerjaan dalam segala usaha termasuk bidang usaha kami. Situasi sangat minimnya penjualan membuat biaya operasional sangat tinggi sehingga membuat situasi yang sangat sulit untuk mempertahankan usaha kami. Untuk itu kami memohon agar selama 6 bulan kedepan atau selama Bencana COVID-19 ini (mana yang lebih lama durasinya), Pemerintah RI dan/atau Pemerintah Daerah segera melakukan:

  1. Pembebasan Pajak Pembangunan Daerah PB1. 
  2. Pembebasan PPN
  3. Pemberian keringanan Pajak Tahunan Badan pada tahun Bencana tersebut diatas terjadi.
  4. Pembebasan iuran BPJS termasuk Tenaga Kerja dan Kesehatan
  5. Pembebasan biaya utilitas termasuk namun tidak terbatas pada air (PDAM), listrik (PLN).
  6. Merancang dan mengalokasikan anggaran untuk dukungan dana operasi usaha yang proporsional.
  7. Pembebasan Pajak PPh21
  8. Subsidi dan memberikan akses kepada kami berupa alat sanitasi dan kebersihan agar sesuai dengan standar WHO
  9. Mendorong pihak-pihak lain seperti mall, agar meringankan beban operasional, termasuk namun tidak terbatas pada peringanan biaya sewa seminimal mungkin.
  10. Mendorong dan memastikan bantuan sosial/ekonomi besar-besaran dari perusahaan yang mendapatkan kenaikan penjualan atas bencana ini (termasuk tidak terbatas pada perusahaan farmasi/suplemen, manufaktur produk kesehatan, peralatan sanitasi, dan lain-lain) untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.
  11. Membuat kampanye skala nasional agar masyarakat tetap peduli konsumsi produk kami dengan catatan tetap mencegah penularan Covid19 atau penyakit lainnya secara maksimal.

Tujuan kami:

Bersatunya Pemerintah RI dan Pemerintah Daerah bersama pelaku usaha dalam keberhasilan menyelamatkan seluruh karyawan dan keluarga karyawan agar tetap bisa mendapatkan lapangan pekerjaan.

Demikian petisi ini kami buat agar menjadi perhatian Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Daerah. Petisi ini diajukan oleh pihak-pihak yang tanda tangan (ataupun tanda tangan digital) atas inisiasi kami serempak dengan penuh kesadaran tanpa arahan/paksaan dari pihak manapun diluar kami. Petisi telah melalui diskusi yang luas sesuai aspirasi banyak pemilik usaha selain pihak yang menandatangani petisi ini.

#SIAPBERSAMA #SELAMATKANKARYAWAN #SELAMATKANINDONESIA

Jakarta, 23 Maret 2020