Jakarta-Better Air Quality, Udara Bersih.

0 have signed. Let’s get to 1,000!


Jakarta menduduki ranking 2 dalam kualitas udara yang paling kotor dan penuh polusi! Apa ada yang perduli ?

Udara yang masyarakat Jakarta saat ini hirup sudahlah sangat tidak sehat dan mengakibatkan banyak gangguan pernafasan dan penyakit-penyakit lain bagi masyarakat tanpa banyak orang menyadari kenapa mereka sakit.

Pemerintah daerah kota Jakarta tidak perduli dan tidak memiliki rencana apa yang akan dilakukan untuk membuat Jakarta sehat kembali dengan kualitas udara yang lebih baik.  Jauh sekali dibanding misalnya kota Beijing yang pernah menjadi satu kota berpolusi sangat tinggi dan sekarang dalam 3-5 tahun menjadi kota yang memiliki udara jauh lebih baik dari Jakarta. 

Pabrik dan industri dilarang dibuat di dalam kota, kendaraan dibatasi dan standard emisi dan polusi nya di tingkatkan dengan ketat, pembakaran sampah dilarang dengan disertai hukuman pidana dan terutama pembelajaran yang serius mengenai sampah, polusi, dan kesehatan lingkungan disertai penanaman jutaan pohon di kota.

Kalau Gubernur dan jajaran pejabat pemerintah daerahnya kurang mampu, mari kita membuat petisi untuk meminta pemerintah pusat melakukan sesuatu yang selama ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah daerah DKI. Gubernur DKI adalah orang yang sangat pintar dan berpendidikan, dengan dana dan pejabat pembantu yang sangat banyak. Persoalan beliau menyadari atau tidak nya, beliau mau atau tidak, ini yang menjadi persoalan terbesar.

Semua masyarakat berhak atas udara yang bersih dan sehat. Pemerintah juga tidak perlu menanggung beban dari biaya kesehatan, waktu yang hilang dan ‘bom waktu’ dari sakit penyakit untuk generasi kita dimasa mendatang.

Bersihkan Jakarta dari polusi udara! Kalau Pemerintah DKI tidak mampu, mari minta Pemerintah Pusat bertindak !