Petisi ditutup

Susah Registrasi Kemenkumham?

Petisi ini mencapai 215 pendukung


Sejak awal proses pendaftaran CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung, kita semua sudah berusaha memenuhi persyaratan dengan kemampuan terbaik.

Kita udah capek-capek fotokopi, legalisir, beli materai, di scan, di edit biar ukuran file nya sesuai ama persyaratan, minta doa ayah ibu kakek nenek adek kakak om tante, ampe begadang siang malem supaya berkasnya bisa lolos.

Menjelang pengumuman, kita makin deg-degan karena server sscn.bkn.go.id sempet nge-hang berkali-kali dan sulit diakses. Kita paham dan maklum karena yang daftar jumlahnya jutaan. Tenang aja Pak, Bu, kita paham kok. Kita gak bawel-bawel amat.

Dan Alhamdulillah ternyata kesabaran dan doa kita berbuah manis, akhirnya server pulih dan kita semua dinyatakan lolos..

TAPI !

Hal serupa terjadi lagi karena adanya mekanisme persyaratan Kemenkumham yang mengharuskan kita untuk membuka kembali web Web CPNS Kemenkumham demi mendapatkan Kartu Informasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar terkait nomor absensi, jadwal dan lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar.

Padahal, telah terbukti bahwa selama masa pendaftaran pun, web Kemenkumham ini sudah sering down. Lalu proses ini diulang kembali tanpa menyediakan alternatif lain.

Memang sih, ada beberapa kawan-kawan beruntung yang sudah berhasil menyelesaikan proses ini dengan baik (meskipun harus gila-gilaan begadang juga). Kita ngucapin selamat buat mereka. Yay!

Namun...

Menjelang deadline penutupan (11 September 2017 jam 23:59 WIB), yang kira-kira hanya berjarak kurang dari 4 hari lagi... server masih sering down. (Oh iya, petisi ini ditulis pada hari Jum'at jam 10:59 WIB). Oh My GOD berarti kan tinggal 85 jam lagi!!...

Sayangnya...

Kemenkumham kurang menanggapi hal ini degan serius. Kita disuruh (((SABAR)))

Hmmm... Sekali sih gapapa, kan kita semua maklum yah. Sekalian bahan evaluasi buat panitia. Tapi kalo berulang lagi.. Ah Eta Terangkanlah...  Jadi syediihh... :'(

Bagi temen-temen di bidang sistem informasi, waktu 85 jam dengan server request ratusan ribu user, tentunya merupakan beban yang super berat, dan harus mulai menyiapkan plan A, B, C, D.

Sayangnya, belum ada instruksi khusus terkait hal ini. Bahkan pihak BKN sendiri telah menyampaikan bahwa ini beda tupoksi dan menjadi wilayah otoritas Kemenkumham sendiri.

Artinya, kita semua berada dalam kondisi ketidakpastian administratif jika pada deadline yang ditetapkan ternyata masih banyak yang belum menyelesaikan persyaratan ini. Kasian juga kan yang lokasi rumahnya jauh dan gak sempat beli tiket apalagi nyari tempat tinggal, dan keperluan lain menjelang tes.

Cek aja social media udah banyak yang mulai hopeless, bahkan terganggu jam belajar persiapannya karena mesti begadang siang malam nungguin server yang belum berfungsi normal.

Kita semua pengen hal ini ditindaklanjuti dengan serius oleh pihak panitia khususnya Kemenkumham.

Jika sampai deadline masih terjadi ketidakadilan bagi peserta yang belum berhasil registrasi, maka kita akan menginisasi class action dan tuntutan hukum kepada pihak yang mengambil kebijakan tanpa solusi alternatif ini.

Kita ingin perubahan yang lebih baik dan adil bagi semua!

Salam Pengabdian Untuk Indonesia!

 



Hari ini: Agus mengandalkanmu

Agus Yuda membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Yasonna Laoly @Kemenkumham_RI : Susah Registrasi Kemenkumham?". Bergabunglah dengan Agus dan 214 pendukung lainnya hari ini.