Petition Closed
Petitioning Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail

Selamatkan Rumah Cimanggis dan bangunan bersejarah di Kota Depok yang masih tersisa


Berawal dari keprihatinan saya terhadap pembongkaran situs pembakaran kapur yang berada di Pekapuran Depok. Jawa Barat yang rencananya akan dijadikan gudang obat, membuat saya tergerak untuk menyelamatkan bangunan-bangunan cagar budaya yang masih tersisa. Tidak hanya itu, Old House Pondok Cina (Cafe di depan Margo City) juga terancam keberadaannya akibat pembangunan apartemen di depan Mall tersebut.

Saat ini Rumah Cimanggis juga membutuhkan perhatian, sejarah rumah ini begitu panjang, umur rumah ini sudah 200 tahun. Namun kondisi Rumah Cimanggis saat ini sudah hancur akibat kerusakan alam dan kerusakan yang disebabkan oleh manusia sendiri. Sejarah dan foto-foto bisa dilihat di laman blog teman saya yang dalam tugasnya secara khusus membahas rumah Cimanggis >>

 http://www.4shared.com/zip/RtxYfAdP/Heritage_-_Rumah_Cimanggis.html

Peristiwa pembongkaran situs dan keberadaan Old House Pondok Cina yang terancam tersebut membuat saya ingin melakukan sesuatu, mungkin hanya lewat petisi ini yang bisa saya lakukan. Maka dari itu saya mohon dukungannya agar kiranya rumah ini dipugar kembali dan didaftarkan sebagai Cagar Budaya dan dapat dijadikan museum. Sebab sampai saat ini Depok masih belum memliki satupun museum. 

Padahal betapa pentingnya museum agar anak-anak kita tahu sejarah dari kotanya dan lebih mencintai kotanya. Pemerintah kiranya lebih peduli terhadap sejarah. Memang bangunan bersejarah tidak memiliki nilai materi dan keuntungan yang besar tapi nilai-nilai historis didalamnya sesungguhnya lebih besar dan mahal daripada nilai materi semata.

Dengan ini saya mohon dengan sangat agar kiranya Pak Wali Kota Depok memperhatikan nasib Rumah Cimanggis dan bangunan bersejarah lainnya yang ada di Kota Depok.

Letter to
Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail
Selamatkan Rumah Cimanggis dan bangunan bersejarah di Kota Depok yang masih tersisa