Lepaskan Belenggu Gajah di Taman Margasatwa Kinantan

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.500.


Pada Selasa 7 Februari 2017, relawan dari Scorpion Wildlife Trade Monitoring group kembali menemukan dua ekor gajah di Taman Margasatwa Kinantan Bukit Tinggi dalam keadaan terikat rantai di kedua kakinya.

Gerak gajah sangat terbatas dan tidak memiliki akses terhadap makanan dan air. Kandang gajah terlihat kotor dipenuhi urine dan feses.

Gajah juga memperlihatkan gejala zoochosis, yaitu prilaku menyimpang karena stres dalam penjara atau kurungan. 

Pada Mei 2016, tim Scorpion telah melakukan protes kepada pihak Taman Margasatwa Kinantan Bukit Tinggi yang merantai kedua kaki gajah tanpa disertai akses air bersih. Namun, hingga saat ini, Taman Margasatwa masih juga memperlakukan gajah dengan kejam. 

Lihat beritanya di: 

http://news.okezone.com/read/2016/05/30/340/1401449/rantai-gajah-taman-margasatwa-bukittinggi-diprotes

http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/30/taman-margasatwa-budaya-kinantan-bukit-tinggi-siksa-gajah

 

Kita tentu tidak lupa juga tentang kematian dua anak harimau dalam dua hari di Taman Margasatwa Kinantan Bukit Tinggi pada pertengahan tahun lalu. 

Perlakuan yang menimpa gajah di Taman margasatwa Kinantan Bukit Tinggi ini telah melanggar standar minimum prinsip kesejahteraan satwa di lembaga konservasi, yaitu:

1. Bebas dari rasa lapar dan haus

2. Bebas dari ketidaknyamanan lingkungan

3. Bebas dari rasa sakit, luka dan penyakit

4. Bebas dari rasa takut dan tertekan

5. Bebas untuk mengekspresikan prilaku alami. 

Perlakuan ini juga bertentangan dengan pasal 1 angka 2 Peraturan Dirjen PHKA No. P 9/IV-SET/2011 yang menyatakan bahwa kesejahteraan satwa adalah Keberlangsungan hidup satwa yang perlu diperhatikan oleh pengelola agar satwa hidup sehat, cukup pakan, dapat mengekspresikan prilaku secara normal, serta tumbuh dan berkembang biak dengan baik dalam lingkungan yang aman dan nyaman.

Oleh karena itu, kami meminta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya untuk memerintahkan pihak Taman Margasatwa Kinantan untuk melepas dan tidak lagi merantai kedua kaki gajah tanpa disertai akses kepada air bersih. 



Hari ini: Yayasan Scorpion mengandalkanmu

Yayasan Scorpion Indonesia membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Siti Nurbaya Bakar: Lepaskan Belenggu Gajah di Taman Margasatwa Kinantan". Bergabunglah dengan Yayasan Scorpion dan 1.096 pendukung lainnya hari ini.