Petisi ditutup

Selamatkan Tenis Meja di O2SN 2017! #SaveO2SNTenisMeja

Petisi ini mencapai 219 pendukung


#SaveO2SNTenismeja

Salam Olahraga,

Berdasarkan surat edaran dari Dirjen Dikdasmen yang ditandatangani oleh bapak Hamid Muhammad, Ph. D kepada seluruh kepala daerah di Indonesia mengenai pelaksanaan OSN, O2SN dan FLS2N, kami mencermati ada cabor yang hilang di O2SN yaitu tenis meja. O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, FLS2N (Festival Lomba Seni Nasional), OSN (Olimpiade Sains Nasional) adalah ajang tahunan kompetisi olahraga, kesenian, dan akademis bagi siswa SD, SMP, SMA di Indonesia. Tujuannya adalah untuk menemukan bibit-bibit yg kelak akan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Ajang tersebut berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tentang O2SN, dari surat edaran tersebut jelas mulai tahun 2017 akan ada pengurangan cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu tenis meja. Pertanyaannya, kenapa? Sejauh penelusuran, belum ada penjelasan resmi mengenai alasan pengurangan cabor ini.

Mungkin para decision maker tidak menyadari efek domino dari keputusan yang anda buat ini. Tenis meja merupakan olahraga yang merakyat, murah dan populer di Indonesia. Hampir seluruh kota dan kabupaten memiliki klub-klub yang membina atlet-atlet tenis meja. Salah satu target atau tujuan favorit dari atlet-atlet usia pembinaan ini selama bertahun-tahun adalah dapat tampil dan menjadi juara di ajang O2SN tenis meja. Bayangkan betapa kecewanya mereka ketika mengetahui dihapusnya cabor ini di O2SN mendatang. Ribuan tagar atau hashtag #SaveO2SNTenisMeja di facebook dapat anda cek untuk mengetahui betapa maraknya kekecewaan komunitas tenis meja di Indonesia dengan keputusan ini.

Di dalam artikel mengenai penutupan O2SN 2016 di bawah ini (tenis meja masih ada):

http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik/mobile/artikel/detail/1183/3-pesan-hamid-muhammad-di-upacara-penutupan-o2sn

Dirjen Dikdasmen, Hamid Muhammad pernah berpesan agar seluruh peserta terus berlatih agar bisa ikut serta O2SN selanjutnya. Tetapi bagaimana bisa ikut jika cabornya dihapus?

Komunitas-komunitas tenis meja yang memiliki puluhan ribu anggota (Tenis Meja aka Table Tennis Indonesia, PING TV, Tenis Meja Mania dll) yang terdiri dari para pengurus PTMSI, atlet, penghobi, pelatih, wasit dan orangtua atlet menunjukkan kepeduliannya dengan beramai-ramai menghubungi layanan pengaduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan nomor sms 0811 976929 sebanyak2nya dengan harapan supaya suaranya didengar dan diakomodir namun sampai petisi ini ditulis masih belum ada jawaban sama sekali.

Dengan petisi ini kami harap Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendy membaca dan dapat merevisi keputusan penghapusan cabor tenis meja di ajang O2SN 2017. Pak Mendikbud memang pernah merencanakan akan memangkas anggaran pendidikan di tahun 2017, namun saya harap ini bukan alasan penghapusan tenis mejadi O2SN mendatang.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa anggaran pendidikan sekurang-kurangnya sebesar 20 persen dari APBN. Apabila ada efisiensi anggaran semestinya yg harus dicermati itu adalah in-efisiensi yg terjadi dlm pengelolaan anggaran pendidikan tersebut. Minimnya transparansi menjadikannya rawan terhadap modus penyimpangan. Paling tidak, ada 5 objek dana pendidikan yang rentan terhadap penyelewangan yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK), anggaran sarana dan prasarana, anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS), anggaran pengadaan infrastruktur sekolah, dan pengadaan buku. Mudah-mudahan bukan karena alasan efisiensi cabor tenis meja dihilangkan dari ajang favorit anak-anak kami.

Terakhir, sekali lagi kami berharap Bapak Mendikbud atau Dirjen Dikdasmen berani merevisi keputusan yang benar-benar telah melukai perasaan segenap komunitas pecinta tenis meja di tanah air ini.

Terimakasih dan Salam,

Rima Ferdianto

Admin Grup Tenis Meja aka Table Tennis Indonesia



Hari ini: Rima mengandalkanmu

Rima Ferdianto membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Prof. Dr. Muhadjir Effendy: Selamatkan Tenis Meja di O2SN 2017! #SaveO2SNTenisMeja". Bergabunglah dengan Rima dan 218 pendukung lainnya hari ini.