Kemenangan

Tolak Nurul Akmal Sebagai Duta Kopi Gayo

Petisi ini membuat perubahan dengan 377 pendukung!


Mengutip pemberitaan Media Massa Portalsatu.com tanggal 28 Maret 2017 dengan judul "Nurul Akmal Duta Kopi Gayo Aceh Untuk Eropa", tanggal 29 April 2017 dengan judul "Duta Kopi Nurul Akmal Promosikan Kopi Gayo di Denmark", dan masih pada tanggal yang sama, 29 April 2017 Tulisan dengan Judul "Hari ini, Duta Kopi Nurul Akmal Kunjungi Den Haag". 

Rilis berita dan Claim Duta Kopi Gayo yang dalam terbitan tersebut sangat mengusik dan menyakiti perasaan masyarakat Gayo yang tidak pernah tahu menahu bagaimana Nurul Akmal mendapat Gelar Duta Kopi Gayo. Pasalnya, pihak pihak yang selama ini sudah berdarah darah mempromosikan Kopi Gayo ke berbagai daerah "pun" tidak berani mengclaim gelar tersebut. Justru, yang ada adalah keterkejutan yang luar biasa bagi masyarakat gayo, aktivitis, pelaku industri kreatif dan pengusaha kopi gayo serta lembaga YMPKG yang sejak dulu telah berjuang cukup panjang memperjuangkan Label Indikasi Geografis untuk Kopi Gayo.

Tidak hanya claim sepihak yang menjadi kekhawatiran para pengusaha kopi gayo, Petani Kopi yang berada di rantai pertama dalam perdagangan Kopi Dunia termasuk Eropa hanya menimba keringat dengan hasil yang orang dengan mudahnya "menggunakan label buatan sendiri" besar dugaan ini dimanfaatkan untuk mendapatkan "branding" dari calon buyer coffee di Eropa.

Terlepas dari CLAIM "DUTA KOPI GAYO" bisa merusak nama kopi gayo di pasar eropa, sebab secara personal Nurul Akmal Bukan orang yang tinggal di Gayo, bukan peneliti Kopi, Bukan ahli kopi dan tidak pernah ada gelar tersebut diberikan oleh pemerintah dan instansi resmi yang berwenang. Kalaupun ada, justru Duta Kopi Gayo adalah gelar dari Kompetisi yang diselenggarakan Oleh Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) yang bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BE KRAF) tempo yang lalu. Itupun, bukan Nurul Akmal, melainkan Pemuda/i dari Dataran Tinggi Gayo Asli yang diutus dari Koperasi Resmi dari Takengon dan Bener Meriah

KUTIPAN

"Kami dari YMPKG Kaget membaca ada berita yang diterbitkan salah satu media online di Aceh yang mengklaim sebagai Duta Kopi Gayo Ke Eropa" [Sekretaris YMPKG] Via LintasGayo.co

Keberatan yang muncul hadir dari beberapa Tokoh sebagai berikut :

  • Masyarakat Gayo
  • Pelaku Eksportir Kopi dan YMPKG
  • Aktivis Gayo
  • Pelaku Ekonomi Kreatif di Gayo

Isi Petisi :

  1. Meminta Nurul Akmal Meminta Maaf via Media Massa da Mengklarifikasi bahwa ia bukan Duta Kopi Gayo untuk Eropa
  2. Meminta PortalSatu.com menghapus dan mengirimkan permohonan maaf kepada Masyarakat Gayo terkait pemberitaan tida benar tersebut.
  3. Meminta Kepada KBRI Finlandia dan Denmark meneruskan informasi ini ke Pembeli Kopi Gayo yang ada di Eropa.
  4. Meminta kepada Kemenkum HAM memberikan teguran kepada Nurul Akmal dan PortalSatu.com

    Tanda Tangani Petisi Ini.

Link Preference :

  1. http://portalsatu.com/read/profil/nurul-akmal-duta-kopi-gayo-aceh-untuk-eropa-26958
  2. http://portalsatu.com/read/Citizen-Reporter/pengalaman-nurul-akmal-dengan-martti-ahtisaari-2009-2017-27107
  3. http://portalsatu.com/read/travel/hari-ini-duta-kopi-nurul-akmal-kunjungi-den-haag-28431
  4. http://lintasgayo.co/2017/05/30/klaim-pejuang-kopi-gayo-ke-uni-eropa-diklarifikasi

Sumber Gambar www.portalsatu.com



Hari ini: KOPI GAYO MILIK GAYO mengandalkanmu

KOPI GAYO MILIK GAYO membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "PortalSatu.com: Tolak Nurul Akmal Sebagai Duta Kopi Gayo". Bergabunglah dengan KOPI GAYO MILIK GAYO dan 376 pendukung lainnya hari ini.