Pertimbangkan Kembali Rencana Perpanjangan Rute KA Bandara ke Bekasi!

0 telah menandatangani. Mari kita ke 500.


PT Railink berencana akan memperpanjang rute KA Bandara ke Bekasi. Rencananya, perpanjangan rute ini akan dilakukan mulai April 2018.

Dikutip dari Detik.com, Direktur Operasi dan Teknik PT Railink, Purwanto Handry Nugroho, mengatakan perpanjangan untuk memfasilitasi warga Bekasi yang ingin ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami juga ingin melayani, kan, masyarakat di sana juga banyak yang butuh ke bandara. Apalagi nanti kalau pas macet. Sekarang juga ada ganjil genap di tol,” kata Purwanto, ketika dihubungi Detik, Senin 26 Maret 2018.

Janjinya, Railink akan mengoperasikan kereta bandara pada jam non sibuk (non peak hour), yaitu sekitar jam 09.00-15.00. “Kami tegaskan sementara ini kami masih tetap di bukan peak hour KRL. Jadi, (beroperasi) jam 9 sampai jam 3,” kata dia.

Faktanya, penumpang KRL lintas Bekasi ini terbanyak ketiga setelah Bogor dan Tanah Abang. Dikutip dari CNN Indonesia, menurut data Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang KRL lintas Jakarta-Bekasi mencapai 75 ribu-95 ribu per orang setiap hari sebelum KRL lintas Cikarang beroperasi.

Jika KA Bandara masuk, jalur Bekasi bisa semakin padat, belum lagi ditambah dengan rel KAJJ yang menjadi satu dengan KRL.

Selain itu, pengoperasian KA Bandara sampai Bekasi juga akan membuat waktu tunggu menjadi lebih lama. Kita ambil contoh. Waktu kedatangan KRL di Stasiun Bekasi sekitar 15 menit, sementara di lintas Cikarang sekitar 45-55 menit sekali.

Jika KA Bandara masuk, jalur Bekasi bisa semakin padat, belum lagi ditambah dengan rel KAJJ yang menjadi satu dengan KRL. Jika ditambah dengan KA Bandara, akan berapa lama lagi pengguna KRL menunggu kereta, terlebih pengguna lintas Cikarang? Ini belum termasuk dengan waktu tunggu kereta saat terjadi gangguan operasional KRL, persinyalan, dan rel patah. 

Untuk itu, kami mengajak penumpang KRL lainnya, serta siapapun Anda yang peduli pada perjalanan perkeretaapian, untuk mengisi petisi agar Railink dan pemerintah bisa mempertimbangkan kembali perpanjangan rute KA Bandara sampai Bekasi.



Hari ini: Jalur Bekasi mengandalkanmu

Jalur Bekasi membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pertimbangkan Kembali Rencana Perpanjangan Rute KA Bandara ke Bekasi!". Bergabunglah dengan Jalur Bekasi dan 396 pendukung lainnya hari ini.