Kemenangan

Pertahankan Menteri Susi Pudjiastuti!

Petisi ini membuat perubahan dengan 542 pendukung!


"Ibu Susi Pudjiastuti telah mendedikasikan waktunya selama ini untuk memberantas praktik perikanan yang tidak sah, mendorong pengelolaan perikanan berkelanjutan berbasis ilmiah, dan memperkuat kesehatan laut dengan memperluas jejaring kawasan konservasi perairan,"

Pujian diatas disampaikan oleh Yolanda Kakabadse, Presiden WWF International ketika memberikan penghargaan kelas dunia sebagai "Leaders for a Living Planet" kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Washington DC pada 16 September 2016. Tidak saja dari WWF International, pada 11 Mei 2017 lalu Menteri Susi juga menerima penghargaan untuk ketegori kepemimpinan dari Peter Banchley Ocean Award yang dianggap sebagai penghargaan maritim tertinggi dunia atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi serta konservasi  laut Indonesia.

Kedua penghargaan diatas sungguh membanggakan, tidak saja bagi Susi Pudjiatsuti namun bagi seluruh rakyat Indonesia. Penghargaan tersebut harus dimaknai sebagai bentuk pengakuan dunia internasional atas keberhasilan Menteri Susi Pudjiastuti bersama jajaran Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam sejumlah kebijakan yang dinilai mampu memulihkan kondisi perikanan Indonesia menjadi lebih baik.

Menteri Susi Pudjiastuti - yang pernah dianggap bodoh oleh komisioner Komnas HAM –memiliki keberanian untuk memimpin perang melawan praktek pencurian ikan secara tidak sah (illegal fishing) di Indonesia yang telah merugikan negara hingga 20 miliar dollar AS per tahun. Sejak dilantik sebagai Menteri pada Oktober 2014 hingga Mei 2017, jajaran KKP dengan didukung antara lain oleh TNI dan POLRI telah menenggelamkan setidaknya 380 kapal pelaku illegal fishing berbendera negara asing.

Prestasi Susi tidak saja menenggelamkan ratusan Kapal pencuri ikan, pada tahun 2016 Menteri Susi juga bekerja keras dan berhasil meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) hingga mencapai Rp 360 miliar dan peningkatan produksi perikanan sebanyak 6,83 ton atau sebesar Rp 125 triliun. Susi selama memimpin KKP juga memberikan perhatian serius terhadap nelayan dengan pemberian sarana prasarana penangkapan ikan agar kehidupan mereka jauh lebih baik daripada sebelumnya. Kinerja Menteri Susi dinilai memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi.    

Namun ditengah kinerja dan penghargaan yang mengesankan, pada Agustus 2017 ini mulai muncul informasi atau gossip mengenai masuknya nama Susi Pudjiastuti dalam daftar Menteri yang akan diganti (reshuffle) oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah politisi - dan juga mafia illegal fishing – pastinya menginginkan agar Susi Pudjiastuti dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.  

Tentu saja mayoritas masyarakat Indonesia – kecuali politisi dan mafia sector perikanan – berharap bahwa informasi reshuffle tersebut tidak benar. Menurut kami, Susi Pudjiastuti masih layak dan harus dipertahankan sebagai menteri oleh Jokowi.

Saya percaya pepatah “tak ada gading yang tidak retak” dan fakta bahwa tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga dengan Susi Pudjiastuti sudah pasti juga memiliki kekurangan atau kelemahan saat menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan selama hampir 3 tahun terakhir ini. Namun akan lebih bijak bagi Presiden Jokowi untuk meminta dan memberi waktu bagi Susi memperbaiki diri daripada mengambil pilihan ekstrim berupa pencopotan dari jabatannya sebagai Menteri.

Demi NKRI dan melalui petisi ini, kami meminta Presiden Jokowi untuk mempertahankan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri hingga periode 2019 mendatang.  Sosok Susi Pudjiastuti yang serius dalam bekerja dan tulus mengabdi bagi negeri ini masih sangat dibutuhkan dalam kabinet kerja pemerintahan Jokowi khususnya dalam mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia.

Buat Ibu Susi Pudjiastuti apapun yang terjadi nantinya tetaplah bersemangat.

 

Catatan. Petisi ini bersifat pribadi dan tidak mewakili kepentingan lembaga atau mengatasnamakan lembaga tempat pengusul petisi bekerja.  



Hari ini: Emerson mengandalkanmu

Emerson Yuntho membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "#PertahankanIbuSusi". Bergabunglah dengan Emerson dan 541 pendukung lainnya hari ini.