Petition Closed

Hentikan Pembakaran Lahan di Provinsi Riau #asapRiau

Aksi pembakaran lahan di Provinsi Riau yang sudah terjadi sejak lama mengakibatkan hampir seluruh daerah-daerah di Provinsi Riau terkepung asap. Dari data yang dikeluarkan oleh BMKG Senin (24/2) lalu, tercatat ada 1.234 titik api, dengan rincian di Kabupaten Bengkalis ada 515 titik, di Kotamadya Dumai ada 126 titik, di Kabupaten Kepulauan Meranti ada 141 titik, di Kabupaten Indragiri hilir ada 74 titik, di Kabupaten Pelalawan ada 118 titik, di Kabupaten Rohil ada 48 titik, di Kabupaten Siak ada 208 titik, dan di Kabupaten Indragiri Hulu ada 4 titik. Kondisi ini membuat jarak pandang sangat terbatas dan asap yang kian hari kian tebal sangat mengganggu aktivitas masyarakat Riau. (Sumber : merdeka.com)

Beberapa dampak dari kondisi asap di Riau ini adalah mata perih dan pernafasan terganggu. Dari data terakhir yang diinfokan oleh Antara Riau bahwa saat ini penderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) meningkat menjadi 20.000 jiwa. Kondisi lalu lintas di udara juga terganggu dengan asap ini. Banyak jadwal penerbangan yang delay karena jarak pandang sangat terbatas. Info terakhir yang dihimpun oleh merdeka.com jarak pandang di Kota Pekanbaru 500 meter, Kota Rengat 1 km, Kotamadya Dumai 7 km, dan Kabupaten Pelalawan hanya 800 meter.

Pertanyaannya, mau sampai kapan masyarakat dan pemerintah Provinsi Riau diam saja menghadapi kondisi asap di Riau yang semakin lama semakin parah ini? Apakah masyarakat dan pemerintah Provinsi Riau tidak merindukan udara segar bebas asap seperti di kota-kota lain?

So, mari sama-sama kita tanda tangani petisi ini dan berikan komentarmu tentang kabut asap di Riau. Insya Allah, hasil dari petisi ini akan saya kirimkan ke pihak Pemprov Riau agar pihak pemerintah semakin bersemangat mencari solusi terbaiknya untuk masalah tahunan ini. Semangat yang timbul karena melihat banyaknya dukungan yang diberikan pada mereka dari seluruh lapisan masyarakat. :)

This petition was delivered to:
  • Pemerintah Provinsi Riau dan Pihak Terkait

    Lianda Marta started this petition with a single signature, and now has 705 supporters. Start a petition today to change something you care about.