Petisi ditutup

Kembalikan Kawasan Lindung Karst Gombong Selatan

Petisi ini mencapai 253 pendukung


Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) Gombong Selatan yang sejak tahun 2004 telah dinyatakan sebagai kawasan ecokarst (pegunungan karst lindung) telah menghidupi ratusan ribu warga yang tinggal disekitarnya, namun kini kawasan tersebut telah mengalami perubahan dimana luasannya tidak lagi sesuai dengan Perda RT/RW Kebumen Nomor 23 Tahun 2012, Pasal 26 yang seluas 4,894 hektar, kini luasannya menjadi 4,089 hektar.

Perubahan ini diakibatkan adanya penyelewengan wewenang Pemda Kebumen di Tahun 2013 dengan mengajukan perubahan kawasan tersebut untuk Pabrik Semen seluas 805 hektar, dengan adanya Peraturan Mentri ESDM Nomor 17 Tahun 2012, dimana sekaligus mencabut Ketetapan Mentri sebelumnya yang mengatur kawasan karst di Gombong Selatan, Gunung Sewu, dan Karst Sukolilo.

KBAK Gombong Selatan sangat penting untuk dikembalikan karena keberadaan pabrik semen dapat mengancam ekosistem dan semua mahluk hidup yang ada disekitarnya. Sebagai imbas dari perubahan KBAK tersebut PT Semen Gombong pernah merencanakan kegiatan eksploitasi penambangan semen dengan target produksi 2,3 Juta ton per Tahun, namun Izin AMDAL tersebut gagal karena adanya aksi penolakan oleh Masyarakat Karst Gombong Selatan.

Pada momen Hari Buruh, Hari Bumi, & Hari Pendidikan Tanggal 2 Mei 2017 Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong (PERPAG) kembali menggelar aksi di depan kantor DPRD dan Bupati Kebumen, menuntut sikap keberpihakan pemerintah daerah kepada masyarakat yang seharusnya melindungi warga dari bencana alam dan bencana kekeringan yang kerap menimpa warga Kebumen.

Hasil dari aksi tersebut jajaran DPRD Kab. Kebumen yang terdiri dari 5 fraksi menyepakati dan menanda-tangani pernyataan tertulis untuk mendukung dan memfasilitasi dalam bentuk mediasi. Namun dari pihak Pemerintah Kabupaten belum ada kejelasan kapan Bupati akan mengusulkan kawasan yang hilang, dan malah mengusulkan untuk diadakan evaluasi atau peninjauan kembali di Kawasan Karst Gombong Selatan.

PERPAG sebagai organisasi yang dihidupi secara mandiri dari para petani masih tetap harus melakukan perjuangan dengan melakukan pengawalan ketat agar berbagai bentuk tipu – tipu terhadap masyarakat tidak terulang lagi.

Kembalinya Kawasan Karst Lindung Gombong Selatan sangat penting untuk diperjuangkan, mengingat maraknya investasi penambangan semen yang sedang digencar – gencarkan oleh pemerintahan Jokowi/JK. Beberapa reaksi masyarakat kini mulai meluas dikarenakan semakin tingginya bencana kekeringan dan banjir besar di pulau Jawa, disebabkan telah musnahnya daya dukung alami di pulau terpadat ini.

Skema pertumbuhan ekonomi yang bar-bar tehadap lingkungan tidak dapat diterima oleh masyarakat yang hidup bergantung dari kearifan pegunungan karst, rencana pembangunan yang semakin massif ini hanya diperuntukan bagi pembangunan - pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk memprivatisasi kebutuhan massal dan industri – industri kapital yang menjadi sumber interest bagi investasi asing dan sedangkan golongan masyarakat miskin dan para petani yang tengah menghadapi besarnya biaya produksi pertanian kini semakin tercekik.



Hari ini: Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong mengandalkanmu

Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Pak Bupati Kebumen & Pak Ganjar: Kembalikan Kawasan Lindung Karst Gombong Selatan". Bergabunglah dengan Persatuan Rakyat Penyelamat Karst Gombong dan 252 pendukung lainnya hari ini.