Petition Closed

Lindungi Pedagang Pasar Santa

Beberapa waktu belakangan, Pasar Santa yang dulunya sepi menjadi ramai karena mulai masuknya anak-anak muda yang memulai berbagai usaha kreatif. 

Saat memulai kegiatan kami di Pasar Santa, kami berkeinginan untuk ikut serta dalam usaha menjadikan Pasar Santa sebagai salah satu ruang publik alternatif di Jakarta yang menjadi wadah usaha kecil menengah serta kegiatan-kegiatan kreatif lainnya.

Sebuah ruang publik di mana pedagang piringan hitam, pedagang sayur, kedai kopi, tukang jahit, pedagang lama, pedagang baru dapat menjalankan kegiatannya secara berdampingan.

Namun, bersama dengan semakin ramainya Pasar Santa, keberlanjutan ini menghadapi tantangan.  Semakin banyaknya permintaan kios menyebabkan harga jual/sewa kios membubung tinggi hingga lebih dari 100%.

Pedagang-pedagang lama yang telah berjualan di Pasar Santa bertahun-tahun, jauh sebelum pasar ini ramai, terancam tidak dapat melanjutkan usahanya karena harga sewa/jual kios yang berada diluar jangkauannya.

Untuk itu, kami telah melakukan advokasi kepada pihak PD Pasar Jaya untuk memberikan perlindungan kepada para pedagang lama.

Tuntutan kami antara lain:

1. Kami meminta pihak PD Pasar Jaya untuk membeli kios-kios yang sekarang kepemilikannya masih ada di pihak pengembang untuk kemudian menyewakannya kepada pedagang dengan harga sewa yang wajar.

2. Jika hal tersebut di atas belum terealisasi, kami meminta PD Pasar Jaya mengeluarkan peraturan yang menetapkan harga sewa kios di tahun berikutnya dengan kenaikan harga sewa yang wajar.

3. Untuk pihak penyewa yang sekarang sudah terikat dalam kontrak sewa, agar diberikan hak untuk memperbaharui masa sewanya sampai maksimal empat tahun ke depan (walaupun status kepemilikan kios sudah berpindah tangan), kecuali pihak penyewa memutuskan untuk tidak melanjutkan masa sewa.

Tuntutan ini sudah kami sampaikan secara tertulis dan melalui dialog dengan Bambang Sugiarto, Kepala Pasar Santa pada Oktober 2014. Tuntutan yang sama juga telah kami sampaikan secara verbal dan tertulis kepada Djangga Lubis, Direktur Utama PD Pasar Jaya, pada Januari 2015.

Namun demikian, hingga sekarang solusi atas permasalahan ini belum diambil sementara semakin banyak pedagang yang masa sewanya akan berakhir dan berada dalam ketidak pastian.

Untuk itu kami memohon intervensi Bapak Gubernur untuk segera mengambil tindakan untuk memberikan perlindungan kepada para pedagang Pasar Santa. Sehingga keberadaan Pasar Santa sebagai ruang publik alternatif yang berkelanjutan ini dapat terwujud, di mana tak satu pedagang lama pun yang tergusur karena tak kuasa menghadapi pemilik modal yang lebih besar.

 

Perkumpulan Pedagang Pasar Santa

Pasarsantablog.wordpress.com

#sustainablesanta 

This petition was delivered to:
  • Pemerintah Kota Jakarta

Perkumpulan Pedagang Pasar Santa started this petition with a single signature, and now has 3,164 supporters. Start a petition today to change something you care about.