Masa Depan Lulusan KI dan MPI

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Jurusan Kependidikan Islam (sekarang dirubah Manajemen Pendidikan Islam). Lulusan dari PTAI, IAIN, dan UIN tentu mengenal jurusan KI dan MPI.

Banyak perbedaan perspektif yang memunculkan kajian tentang berdirinya program studi KI/MPI di lingkungan UIN/IAIN. Tetapi, jika dilihat dari keefektifan karir dan pekerjaan lulusan KI/MPI mempunyai banyak kendala diantaranya:

1. Tumpang tindih dalam dunia kerja

2. Lapisan masyarakat bahkan elit pemerintah sendiri belum mengenal dan paham tentang KI (terbukti dengan jarangnya lulusan KI di formasi CPNS 2018)

3. Adanya dikotomi dalam perkuliahan terutama di fakultas Tarbiyah sebagai penopang jurusan.

4. Tidak ada kepastian dari lembaga Kampus (Kaprog, Dekan, Rektor) maupun Depag sendiri sebagai founding munculnya jurusan KI.

5. Banyaknya lulusan KI yang masih mengeluh dengan karir yang sesuai dengan jurusannya (Kependidikan Islam).

6. Tidak adanya akses keterbukaan, solusi, bahkan koordinasi dengan lembaga-lembaga lainnya (misalkan BKPSDM Daerah maupun BKN pusat).

Sehingga kami lulusan KI/MPI merasa jenjang karir kami tidak jelas dengan lulusan jurusan tersebut.

Oleh karena itu kami meminta partisipasi masyarakat yang peduli akan pendidikan bisa memberikan kontribusi suara guna memperbaiki kembali sistem-sistem pendidikan terutama pendidikan Islam, agar selaras sesuai jenjang karir dan masa depan generasi berikutnya lebih cemerlang.

Terimakasih.



Hari ini: Ahmad mengandalkanmu

Ahmad Mushowir membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Orang: Masa Depan Lulusan KI dan MPI". Bergabunglah dengan Ahmad dan 30 pendukung lainnya hari ini.