Kemenangan

Tindak Lanjuti Kasus Rasisme dalam Penayangan Acara "Ini Talkshow" tertanggal 2 Juli 2015

Petisi ini membuat perubahan dengan 154 pendukung!


Assalamualaikum wr wb, dan Salam Sejahtera.

Dengan keyakinan yang cukup kuat, saya percaya ada berjuta-juta orang negeri ini yang haus akan tontonan menghibur dan/atau mendidik, juga ramah akan segala jenis umur. Tanpa bermaksud memuji berlebihan, Net TV dengan berani saya katakan, merupakan salah satu stasiun TV favorit saya saat ini, karena penyajian acara yang ada didalamnya disusun dengan sangat rapih, kaya akan materi, dan tetap menjadikan sisi edukasi sebagai patokan utama dalam memproduk sebuah acara.

Hanya saja, hal itu ternoda seketika di mata saya ketika sedang streaming di Internet. Waktu itu acara "Ini Talkshow" mengundang beberapa pemain sitkom "Kelas Internasional" sebagai bintang tamu.

LINK: https://www.youtube.com/watch?v=q78HRxBII54


Singkat cerita, ada beberapa bagian tertentu yang cukup mencengangkan saya. Apakah betul, stasiun TV yang amat sangat saya andalkan saat ini memuat konten rasisme dalah satu tayangan acaranya? Berikut hasil pengelihatan saya.


1. Adegan Sule ketika menanyakan anggota sitkom "Kelas Internasional" satu persatu. Bintang tamu atas nama Abbas dari Nigeria, ketika tiba saatnya berbicara (giliran terakhir), Sule malah mengatakan "Sudah (diberi kesempatan berbicara) semuanya karakternya, ya? buka pertanyaan lain ya?", Andre pun menimpali "Sudah semua, lengkap!", dan seisi panggung serta host acaranya pun menertawakan Abbas secara beramai-ramai setelah Sule melemparkan pertanyaan diatas. (menit 20:19-20:31)

2. Adegan H. Bolot ketika diperkenalkan oleh Sule (selaku Host Acara) kepada Abbas. H. Bolot mengatakan "Yang mana? Mana?!! Hoy, kok baju lo angkat-angkat (tendensi saya langsung terarah ke isu sara, Abbas karena -maaf- berkulit hitam, makanya tidak terlihat). (menit 28:28-28:51)

3. Yang lebih kasihan lagi, Abbas baru tinggal 8 Bulan di Indonesia, sehingga dia tidak tahu telah dibully secara massal oleh host dan penonton di studio itu. Terlihat beberapa temannya yang juga WNA nampak tidak terlihat tertawa berlebih ketika Abbas diperlakukan seperti itu.

Saya pribadi dan mungkin beberapa saudara yang sependapat, meminta Net Tv selaku pembuat acara menindak-lanjuti isu yang sangat penting untuk kita awasi bersama itu. Rasisme selayaknya sudah tidak bisa memiliki tempat di dunia ini, karena kita semua "equal" selaku manusia yang diciptakan Tuhan. Dan juga meminta Net Tv melakukan sangsi kepada siapapun pihak yang berhak bertanggung jawab atas hal ini. Pesan ini juga bisa ditujukan kepada KPI, -jika memang- tayangan ini sempat lolos ditayangkan di TV (saya belum mengetahui apakah tayangan ini pernah ditayangkan di TV sebelum, atau hanya YouTube saja).

Sebagai penonton TV yang cerdas dan kritis, ayo sama-sama kita bangun dunia tanpa diskriminasi, apapun agama kita, kulit kita, dan ras kita, kita semua SAMA!



Hari ini: Andi Kamal mengandalkanmu

Andi Kamal Reza Malewa membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Net Tv, @Ini_Talkshow, Komisi Penyiaran Indonesia: Tindak Lanjuti Kasus Rasisme dalam Penayangan Acara "Ini Talkshow" tertanggal 2 Juli 2015". Bergabunglah dengan Andi Kamal dan 153 pendukung lainnya hari ini.