Kemenangan dikonfirmasi

Batalkan Perubahan Gelar S.KM menjadi S.Kes (Permendikbud No.154 Tahun 2014) #SKMbersatu

Petisi ini membuat perubahan dengan 1.323 pendukung!


 

Permendikbud 154/2014 diterbitkan dengan konsekuensi hukum perubahan inisial gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) menjadi Sarjana Kesehatan (S.Kes) bagi lulusan program studi S1 Kesehatan Masyarakat. (Pasal 11, Halaman Lampiran)

Tertulis, penggunaan gelar S.Kes tidak hanya untuk lulusan prodi Kesehatan Masyarakat tetapi juga untuk beberapa lulusan prodi lain. Sebagai contohnya, program studi S1 Kesehatan Lingkungan. Asumsi pokok yang paling memungkinkan adalah bahwa pengaturan inisial gelar S.Kes untuk lebih dari satu program studi ini, pasti berpangkal pada satu basis/dasar. Padahal, sebagaimana dinyatakan pada Pasal 4 Ayat (3) Permendikbud 154/2014, basis penamaan prodi adalah suatu Disiplin Akademik. Pertanyaannya kemudian: Apakah prodi-prodi yang berbeda secara nama, mempunyai basis Disiplin Akademik yang tunggal, sehingga perlu diidentifikasi secara seragam? (Pada kasus ini adalah dengan adanya pengaturan gelar S.Kes bagi beberapa prodi dimaksud, termasuk Kesehatan Masyarakat).

Jawabannya tentu saja tidak!

Sebagai prodi yang dinamakan samasekali berbeda dengan prodi yang lain (yang diatur bergelar S.Kes), Disiplin Akademik Kesehatan Masyarakat sudah barang tentu berbeda dan berdiri sendiri. Disiplin akademik yang berdiri sendiri, pasti mempunyai ciri-ciri khusus yang khas baik dari sudut pandang epistemiologi, metodologi maupun aksiologi, sehingga identifikasi apapun yang asal menyeragamkan dengan disiplin akademik yang lain, adalah tindakan keliru.

Terakhir, kita jadi dapat mengambil kesimpulan bahwa perubahan inisal gelar SKM menjadi S.Kes bagi lulusan prodi S1 Kesehatan Masyarakat jadi tidak lagi mempunyai fundamen, relevansi dan urgensi. Jika dipaksakan, bukan tidak mungkin akan berujung pada pengaburan, pengurangan bahkan penghilangan sebagian atau seluruh persepsi dan filosofi Disiplin Akademik Kesehatan Masyarakat itu sendiri. Wajar jika kemudian mengemuka kecurigaan terdapat maksud-maksud lain dalam pengaturan inisial gelar dalam Permendikbud 154/2014 ini.

Mari TOLAK! Tandatangani petisi ini. #SKMbersatu

 



Hari ini: Riyan mengandalkanmu

Riyan Aprilatama membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kita Menang! Perubahan Inisial Gelar S.KM menjadi S.Kes dibatalkan! #SKMbersatu". Bergabunglah dengan Riyan dan 1.322 pendukung lainnya hari ini.