TIDAK ADA ALASAN UNTUK MENGHAPUS PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Sehubungan dengan penerapan Kurikulum 2013 yang sedang dilaksanakan, bahwa Mata Pelajaran Bahasa Inggris sudah Tidak diajarkan di jenjang Sekolah Dasar sebagai Mata Pelajaran Muatan Lokal namun dialihkan menjadi Ekstrakurikuler dengan beberapa alasan, antara lain:

1. Pemerintah ingin menguatkan Bahasa Indonesia sebagai alat Pemersatu Bangsa

2. Pelajaran Bahasa Inggris membebankan siswa dalam belajar

3. Kurikulum bersifat Nasional

4. Masih banyak daerah yang kurang tenaga pengajar Bahasa Inggris

Dari alasan-alasan diatas ada yang tidak mendasar dan tidak berpihak kepada Kami (Peserta didik, Guru, dan Masyarakat). Kami guru-guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar Negeri dan Swasta DKI Jakarta meminta dan berharap agar Pelajaran Bahasa Inggris tetap menjadi Pelajaran Muatan Lokal Wajib di Sekolah Dasar mulai dari kelas I s/d VI guna meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia.

Adapun beberapa pertimbangan dan alasan yang kami pikirkan bersama sebagai landasan,  antara lain:

I.Alasan Global:

1.     Dalam garis besar pendidikan dasar di Indonesia tujuan pendidikan dasar  ialah mempersiapkan lebih awal pengetahuan dasar siswa sebelum melangkah ke jenjang lebih tinggi.

2.     Indonesia sebagai Negara besar yang kaya akan budaya dan bahasa yang menjadi daya tarik wisata manca negara, Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa pengantar untuk mendukung kepariwisataan yang merupakan salah satu sumber pendapatan negara.

3.     Jakarta sebagai Ibu Kota Negara yang merupakan poros pendidikan Indonesia dan merupakan contoh untuk wilayah diseluruh Indonesia.

4.     Bahasa Inggris digunakan sebagai Bahasa Internasional dan di era globalisasi sangat penting untuk dikuasai sejak dini.

5.     Bahasa Inggris tidak hanya penting di dunia pendidikan namun di dunia kerja dan ilmu pengetahuan pun sangatlah diperlukan.

6.     Bahasa Inggris sangatlah luar biasa pentingnya dalam era informasi dan komunikasi disaat ini dan seterusnya.

7.     Bahasa Inggris mempunyai ruang gerak yang seluas luasnya kepada anak- anak  untuk dapat berkomunikasi secara global.

8.     Siswa Sekolah Dasar dapat menambah wawasan dalam berbahasa Inggris terutama dibidang IPTEK

9.     Masa  Sekolah Dasar adalah masa yang sangat penting dalam menguasai ilmu komunikasi dan cepat berinteraksi

10.                                                                                                                                                                                                                      Bahasa Inggris  di Sekolah Dasar akan menjadi bekal di jenjang selanjutnya sehingga siswa SD tidak akan merasa asing dalam pelajaran tersebut.

11.                                                                                                                                                                                                                      Harapan orang tua supaya anaknya mendapatkan pengetahuan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

 

II.    Alasan Internal :

1.      Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar kehilangan jam mengajar.

2.      Sebagian besar guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar berstatus honor murni dan UMP, serta berdampak pada kesejahteraan para guru.

3.      Hilangnya tunjangan sertifikasi di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta yang menjadi kesejahteraan para guru selama ini.

 



Hari ini: KELOMPOK KERJA GURU BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR mengandalkanmu

KELOMPOK KERJA GURU BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA: TIDAK ADA ALASAN UNTUK MENGHAPUS PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR". Bergabunglah dengan KELOMPOK KERJA GURU BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR dan 499 pendukung lainnya hari ini.