Kembalikan EMIS Desktop, Agar Data 100% Masuk

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


EMIS adalah singkatan dari Education Management Information System, yang merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh Kementerian Agama untuk memudahkan input data sekolah, pondok pesantren dan pendidikan tinggi Islam. EMIS semenjak Tahun Pelajaran 2017/2018 sudah berbasis Online, namun sayangnya tidak dibarengi dengan kemampuan server untuk menampung data layaknya seperti SIMPATIKA.

Dilihat dari tujuan EMIS itu sendiri merupakan untuk memudahkan pendataan, namun pada kenyataannya EMIS malah membuat orang stres, bahkan ketika masuk pendataan EMIS, para operator dengan susah payah siang-malam mengerjakan, bahkan sampai ada yang 24 jam.

Kendala kami sebagai operator adalah dari server itu sendiri, semacam project gagal yang dipaksakan namun tetap dirilis kehadirannya. Website dengan link: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/ seharusnya menjadi wadah yang bagus dan efisien namun malah menguras tenaga dan pikiran operator madrasah dikarenakan susahnya masuk, dan bahkan untuk sekedar menambahkan siswa baru dan mutasi masuk.

Kami tahu tujuan Kemenag RI merilis EMIS Online agar tidak ada kecurangan dan data valid, namun tujuan tersebut harus disertai dengan server yang mumpuni. Maka dari itu, kami memohon kepada Kementerian Agama Republik Indonesia agar mengembalikan EMIS seperti tahun-tahun sebelumnya atau #2019UpgradeServer agar memudahkan pendataan yang 100% valid, adapun bagi madrasah yang ketahuan menggunakan data bodong alias tidak valid agar ditindaklanjuti, karena dengan EMIS Online kali ini kebanyakan operator madrasah tidak sampai 100% dalam pengerjaannya dikarenakan kendala dari server itu sendiri.

Kami lebih suka EMIS yang menggunakan Excel, kemudian diupload ke EMIS Desktop kemudian dilanjutkan ke EMIS Online, ribet namun mudah dilakukan dan tidak memakan waktu lama.



Hari ini: Ujang mengandalkanmu

Ujang Supriatna membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Kementerian Agama Republik Indonesia: Kembalikan EMIS Desktop". Bergabunglah dengan Ujang dan 87 pendukung lainnya hari ini.