Petition Closed
Petitioning Kapolri

Hindarkan Anak dari Mengendarai Kendaraan Bermotor


Semakin banyak anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Hal ini tentu membahayakan keselamatan sang anak di bawah umur maupun anggota masyarakat lainnya. Mari kita cegah anak-anak dibawah umur dari mengendarai kendaraan bermotor

Kecelakaan yang terjadi baru-baru ini hendaknya menjadi momentum untuk memperbaiki diri dan mencegah agar peristiwa serupa tidak terjadi dimasa depan.

Kecelakaan yang melibatkan anak di bawah umur yang baru terjadi ini sebenarnya merupakan puncak dari Gunung Es yang sudah cukup parah di masyarakat.

Perlu berbagai tindakaan dari seluruh elemen masyarakat untuk menghindari agar hal seperti ini tidak terus berlanjut

Dari pihak aparat:

- Semakin banyak anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor, namun hal ini dibiarkan aparat

 

Dari pihak orang tua:

- Kesadaran orang tua sendiri masih rendah. Ketika anak dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor ditegur anggota masyarakat. Malah ada orang tuanya mengajak bertengkar. Yang bersalah malah lebih galak daripada yang menegur.

- Seringkali orang tua malah membiarkan anaknya menggunakan kendaraan bermotor dengan alasan lebih mudah bepergian atau malah mengatakan "gak apa-apa, toh jaraknya dekat dan gak ada polisi pula"

 

Dari pihak masyarakat

- Membiarkan anak-anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor dengan pemikiran "Biarin, anak orang lain, Ngapain juga saya ikut ngurusin?"

- Sebagian masyarakat yang peduli merasa kapok. Ketika anak dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor ditegur anggota masyarakat. Malah ada orang tua anak ini mengajak bertengkar. Yang bersalah malah lebih galak daripada yang menegur. Hal ini seharusnya tidak menjadi penghalang masyarakat untuk terus menegur. Namun juga perlu perlindungan dari aparat terhadap anggota masyarakat yang telah menegur si Anak dan keluarganya.

Undang-undang kita sudah mengatur mengenai siapa saja yang bisa menggunakan kendaraan bermotor.

 

Kutipan UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN :

"Pasal 81 

(1) Untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77, setiap orang harus memenuhi persyaratan usia, administratif, kesehatan, dan lulus ujian. 

(2) Syarat usia sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan paling rendah sebagai berikut: 

a. usia 17 (tujuh belas) tahun untuk Surat Izin Mengemudi A, Surat Izin Mengemudi C, dan Surat Izin Mengemudi D;  

Mohon agar Bapak Kapolri dan jajarannya semakin memperketat pengawasan terhadap anak-anak di bawah umum yang telah mengendarai kendaraan sebelumnya waktunya.

Memperkuat program sosialisasi di kalangan masyarakat

Aktif bekerjasama dengan masyarakat dan komunitas untuk mencegah agar peristiwa ini tidak terjadi di masa depan.

--------------------------------------

Info terkait dan photo credit oleh Tribun News.
Photo di blur (dikaburkan) demi kenyamanan yang melihat photo tersebut

Letter to
Kapolri
Hindarkan Anak dari Mengendarai Kendaraan Bermotor