Kaji dan Review Ulang Pengoperasian KA Bandara/Railink di Jabodetabek

0 telah menandatangani. Mari kita ke 200.


Pengoperasian railink SHIA-SUDB seperti kita ketahui pada awal2 pengoperasian hingga sekarang mengalami masalah. Masalah dari railink sendiri adalah:
- Pantograf patah
- Longsor terowongan si soetta dan ini ada makan korban jiwa
- Traksi motor soetta bermasalah
- LAA padam di batu ceper

Proyek KA Bandara dinilai oleh para roker (rombongan kereta) sebagai proyek yang prematur sehingga mengalami banyak masalah.

Dampak yang ditimbulkan terhadap pengguna CommuterLine (CL) ada beranekaragam, yaitu:
- Pengurangan jadwal brownline atau jadwal jadi lebih renggang
- Hilangnya atau berkurangnya feeder MANGGARAI-DURI yg diharapkan sebagai "sapu jagat" terhadap penumpukan penumpang
- Tambah parah lubernya peron Tanah Abang, mereka mengharapkan ada kereta yg bisa diharapkan sebagai "penyapu jagat"
- Arus transit penumpang di St.Duri yg menyulitkan para penumpang, dengan peronnya yg sempit

Dan masih banyak lagi masalah yg ditimbulkan semenjak KA Bandara atau railink dioperasikan. Banyak para roker CL yg mengeluh akibat pengoperasian KA Bandara atau Railink ini karena KA Bandara tidak menggunakan jalurnya sendiri alias "nyaplok" jalur CL. Beberapa roker ada yg mengintip ke kereta Railink itu biasanya selalu sepi penumpang, rangkaian hanya membawa sedikit penumpang berjalan dengan lancar, sedangkan kami para roker CL ditumpuk2 pada peron yg padat (seperti St.Sudirman, Tn.Abang) dan di dalam kereta pun seperti sarden.

Berita update yg kami dengar, bahwa pengoperasian railink direncanakan akan sampai Bekasi. Mayoritas roker Bekasi MENOLAK dengan dioperasikan railink sampai Bekasi krn jalur Bekasi sudah sangat padat sekali ditambah delay oleh Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), KA Barang/container atau KA lain, jangan ditambah susah lagi dengan keberadaan KA Bandara atau Railink. Berita yg kami baca bahwa Railink sampai Bekasi itu hanya beroperasi diluar rush hour pada pukul 09:00 - 15:00 saja. Apakah dapat dijamin aman jika beroperasi antara jam tsb? Di jam tsb biasa yg naik adalah rombongan keluarga, kami pernah rasakan juga naek CL di non rush hour tidak jauh berbeda pada rush hour. KAJJ saja bisa telat bagaimana dengan Railink?

Di forum pengguna KRL, ada menyebutkan apakah dari KCI sudah melakukan simulasi lebih lanjut masalah arus penumpang di St.Duri dengan variabel jumlah penumpang, luas peron, jumlah armada krl, dll? Bagaimana kah jika beroperasi sampai Bekasi, apakah sudah ada studi kelayakan lebih jauh? Banyak roker CL yg menginginkan bahwa ke Bandara sebaiknya diganti kereta Commuter Line biasa, seperti halnya kereta di Singapore dimana cukup tap in satu kartu sudah bisa sampai bandara.

Dari komentar pengguna KRL di forum, untuk ke bandara mayoritas lebih memilih DAMRI atau taxy biasa daripada Railink atau KA Bandara krn dianggap lebih praktis dan ekonomis, tinggal bawa badan dan koper tanpa ribet maka langsung sampai ke terminal tujuan, armada bus bandara lebih tersebar di berbagai2 area daripada menaiki KA Bandara. Sebagian pengguna KRL ada yg setuju dengan ada KA bandara krn anti macet, lebih cepat dari bus, ada alternatif lain menuju bandara yaitu dengan KA. Pengguna bus/taxy dapat menyanggah masalah risiko macet yaitu berangkat jika bisa 4-6 jam sebelum keberangkatan utk yg rumah jauh, lebih baik menunggu daripada ketinggalan pesawat, pilih penerbangan pagi dan berangkat pagi2 buta; Ada komentar yg lebih prefer pemberangkatan pesawat dari Bandara Halim krn lebih dekat.

Untuk pejabat KCI, KAI bahkan sampai Menhub, Presiden. Tolong kaji ulang dan review lagi dampak dan akibat yg ditimbulkan dari pengoperasian KA Bandara atau Railink di jalur kereta yg sangat padat dan super sibuk ini, dimana para penggerak ekonomi ibukota bahkan negara bergantung pada transportasi massal yg diandalkan ini



Hari ini: Joko mengandalkanmu

Joko Hasibuan membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Joko Widodo: Kaji dan Review Ulang Pengoperasian KA Bandara/Railink di Jabodetabek". Bergabunglah dengan Joko dan 142 pendukung lainnya hari ini.