Stop Penjualan Daging Anjing pada Aplikasi Go Food

0 telah menandatangani. Mari kita ke 100.


Perdagangan daging anjing (RW, B1) untuk konsumsi masih marak di Indonesia. Anjing tidak masuk dalam kategori hewan ternak, melainkan hewan domestik. Menurut Kementerian Pertanian adanya rumah potong anjing atau jasa penjagalan anjing untuk konsumsi MELANGGAR Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 Pasal 1 Ayat (1) tentang Pangan.

Anjing yang dipasok dari berbagai daerah, masuk secara bebas dan lepas dari pengawasan Dinas Peternakan maupun instansi lainnya melanggar UU No. 16 tahun 1992 Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan, Bab II: Persyaratan Karantina pasal 6, Bab III: Tindakan Karantina pasal 9 ayat 1, Bab IX: Ketentuan Pidana pasal 31 ayat 1 dan 2.

Cara anjing-anjing itu ditangkap, dicuri, diangkut, disekap, dibantai dengan tidak adanya standar kebersihan melanggar UU No. 18 tahun 2009 Bab VI Bagian Kedua tentang Kesejahteraan Hewan.

Penjualan daging anjing jelas melanggar ranah hukum. Secara kemanusiaan pembantaian anjing jelas biadab. Namun jika kita berbicara secara rasional, konsumsi daging anjing jelas dapat menjadi sumber penyakit seperti rabies yang MEMATIKAN.

Sungguh disayangkan, campaign #saynotodogmeat tidak didukung oleh GOJEK INDONESIA. Perusahaan karya anak bangsa, yang seharusnya tidak mendukung penjualan daging ilegal, ternyata membiarkan penjualan terus berlanjut.

Sebelum memulai petisi ini, saya sudah secara pribadi mengirimkan pesan via media sosial baik kepada pihak Go Food Jakarta, yang tentu tidak digubris. Komunitas AYOM dan rekan sudah bergerak, dan tidak ada respons. Email saya tidak ditangani. 

Saya percaya Gojek bisa menjadi lebih baik dengan menjual makanan yang legal. Mungkin merchant yang ada tidak tersaring dengan baik, sehingga beberapa 'kelolosan' oleh pihak Gojek, namun kami berharap ada tindakan untuk menyelesaikan masalah ini. Terimakasih



Hari ini: Maria mengandalkanmu

Maria Florencia membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "go-jek: Stop Penjualan Daging Anjing pada Aplikasi Go Food". Bergabunglah dengan Maria dan 49 pendukung lainnya hari ini.