Hentikan Eksploitasi Burung Hantu di Kawasan Kawah Si Kidang Dieng

0 telah menandatangani. Mari kita ke 1.000.


Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak spesies burung hantu, terhitung ada sekitar 54 jenis burung hantu hidup di Indonesia. Namun setiap tahun populasi burung hantu semakin memprihatinkan. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan Burung hantu di tempat wisata yang mengakibatkan peminat burung  hantu meningkat namun tidak didasari cara penanganan yang tepat dan berakibat kematian.

Hari ini ( 9 desember 2018 ) saya ada di Kawasan Kawah Si kidang Dieng, miris melihat burung hantu yang dieksploitasi sedemikian rupa yang jauh dari kebiasaannya di alam liar. kita semua tahu, burung hantu di indonesia adalah termasuk hewan nokturnal/ aktif di malam hari. tapi jika melihat keadaan di sana, burung hantu di pajang di siang hari pada ruang terbuka dan pencahayaan yang terang. sebagian tanpa penutup dan sebagian lagi pakai payung. ini sudah termasuk penyiksaan hewan. pemakain burung hantu di kawasan tersebut dengan tujuan sebagai objek foto berbayar untuk keuntungan pribadi. kondisinya bisa dibilang sangat memprihatinkan, bulu-bulunya tampak kusam, kulit kering, sorotan matanya menggambarkan bahwa mereka merasa tidak nyaman dan stress. ini jelas melanggar kesejahteraan hewan (animal welfare) :

  1.  Bebas dari rasa haus dan lapar
  2.  Bebas dari ketidaknyamanan
  3.  Bebas dari rasa sakit, cidera dan penyakit
  4.  Bebas dari rasa takut dan tertekan
  5.  Bebas mengekspresikan perilaku alaminya

kita bisa lihat 5 poin diatas. minimal ada 4 poin yang sudah dilanggar : 

  1. Mereka tidak nyaman dengan kondisi pencahayaan yang terang dan ramai
  2. Mereka merasa sakit karena beraktifitas di luar kebiasaannya di alam liar. yang jika diteruskan, jangka panjangnya bisa menyebabkan penyakit (katarak, daya tahan tubuh menurun, dll)
  3. Mereka tertekan dengan perlakuan yang tidak semestinya mereka dapatkan
  4. mereka tidak bisa mengekspresikan perilaku alaminya ( terbang bebas, berkembang biak, dll)

jika kalian pencinta burung hantu atau minimal peduli dengan populasi burung hantu di Indonesia  mari kita perangi kegiatan pengeksploitasian burung hantu  yang sangat biadab ini. 

Salam Lestari Burung Hantu Indonesia

 



Hari ini: Fariq mengandalkanmu

Fariq Ortuansyah membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc: Hentikan Eksploitasi Burung Hantu di Kawasan Kawah Si Kidang Dieng". Bergabunglah dengan Fariq dan 549 pendukung lainnya hari ini.