Petisi ditutup

LINDUNGI TANA' ULEN

Petisi ini mencapai 40 pendukung


<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

Masyakat Dayak Kenyah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara terutama di Kabupaten Bulungan sudah memiliki kebiasaan secara turun temurun menjaga dan melindungi Tana' Ulen. Tana Ulen seperti Hutan Adat di Sumatera. Namun keberadaanya saat ini sangat terancam oleh investasi besar perkebunan kelapa sawit dan tambang batu bara.Diduga terdapat paling sedikit sekitar 30.000 hektar tana' ulen di kabupaten Bulungan terancam punah oleh keberadaan investasi besar tersebut. Paling tidak sudah ada 26 ijin sawit dan sekitar 76 ijin tambang di kabupaten yang mengancam keberadaan Tana' Ulen.

Akibatnya, kawasannya kawasan ini terancama punah. Dampak lainnya terjadi pencemaran lingkungan, air menjadi keruh dan tidak dapat dikonsumsi masyarakat serta meningkatnya limbah perusahaan.

Bagi masyarakat Dayak Kenyah, Tana' Ulen mempunyai arti sangat penting bagi kehidupan mereka sehari hari. Terdapat sekitar 176 jenis tumbuhan hutan didalam kawasan ini yang dapat dimanfaatkan oleh Masyarakat. Tana' Ulen berfungsi sebagai sumber air bersih. Selain itu, Tana' Ulen menjadi sumber makanan, obat-obatan, bahan bangunan, sebagai sumber pendapatan tunai masyarakat dan bahan Upacara Adat Dayak Kenyah.

Arti penting Tana' Ulen bagi masyarakat Dayak Kenyah adalah sumber kehidupan, menjaga keseimbangan lingungan, adat dan budaya turun temurun.

Dengan semakin terancamnya Tana' Ulen oleh inestasi besar yang masuk ke kabupaten bulungan maka kami mendesak Bupati Bulungan, Drs. H. Budiman Arifin, M.Si untuk melindungi keberadaan Tana' Ulen dari ancaman para invenstor sawit dan tambang.



Hari ini: mohammad mengandalkanmu

mohammad nasir membutuhkan bantuanmu untuk mengajukan petisi "BUPATI BULUNGAN: LINDUNGI TANA' ULEN". Bergabunglah dengan mohammad dan 39 pendukung lainnya hari ini.