Tuntutan Pembentukan Dapil Khusus Luar Negeri bagi Pemilih Diaspora Indonesia
  • Petitioned Yth. Ketua Mahkamah Konstitusi dan Ketua DPR RI di Jakarta

This petition was delivered to:

Mahkamah Konstitusi dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
Yth. Ketua Mahkamah Konstitusi dan Ketua DPR RI di Jakarta
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia
Yth. Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia di Jakarta
Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Jakarta
Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia
Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Jakarta

Tuntutan Pembentukan Dapil Khusus Luar Negeri bagi Pemilih Diaspora Indonesia

    1. Priyo Pujiwasono
    2. Petition by

      Priyo Pujiwasono

      Diaspora Indonesia di Washington, DC

Petisi ini diajukan dengan menimbang beberapa hal sebagai berikut:

(1) Selama ini, dalam setiap penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR di Indonesia, suara pemilih Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermukim di luar negeri, yang jumlahnya diperkirakan antara 6-8 juta orang, selalu dihimpun atau digabungkan dengan suara pemilih di Daerah Pemilihan (Dapil) DKI Jakarta 2, yang meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Luar Negeri.

(2) Dengan penggabungan ini, kepentingan atau aspirasi para pemilih WNI di luar negeri dan kepentingan para Diaspora Indonesia pada umumnya, menjadi tidak atau kurang terwakili secara baik di DPR, karena anggota DPR terpilih biasanya lebih mengutamakan kepentingan dan aspirasi konstituen yang berada di wilayah DKI Jakarta, yang permasalahannya sangat berbeda dengan permasalahan Diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.

(3) Dengan tidak adanya wakil khusus di DPR yang benar-benar memahami dengan baik persoalan dan kepentingan WNI dan Diaspora Indonesia di luar negeri, bisa dimaklumi apabila sering terjadi berbagai permasalahan yang menyangkut kepentingan WNI di luar negeri (seperti halnya isu buruh migran atau menyangkut TKI) cenderung terabaikan atau tidak mendapatkan respon dengan baik dari DPR maupun Pemerintah Indonesia.

(4) Penggabungan suara pemilih WNI di luar negeri ke Dapil DKI-2 juga berakibat semakin berkurangnya insentif WNI di luar negeri untuk berpartisipasi dalam Pemilu, lebih-lebih bagi para WNI di luar negeri yang bukan berasal dari propinsi DKI karena merasa bahwa suaranya tidak akan terwakili dan akan terbuang percuma.

(5). Alasan yang tak kalah penting adalah, dengan pembentukan Dapil Khusus Luar Negeri bagi para WNI di luar negeri atau para Diaspora Indonesia pada umumnya, maka hal ini diharapkan akan makin meningkatkan soliditas di antara sesama WNI dan Diaspora Indonesia untuk peduli terhadap berbagai persoalan bangsa dan tetap bisa berkontribusi dengan positif meskipun sudah lama bermukim atau bekerja di luar negeri.

Akhirnya, dengan adanya anggota DPR RI yang mewakili pemilih WNI dan Diaspora Indonesia di luar negri, maka diharapkan para Diaspora Indonesia bisa lebih berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara, mengingat potensi Diaspora Indonesia yang luar biasa adalah juga asset bersama seluruh bangsa dan negara Indonesia, yang bisa dimanfaatkan bagi sebesar-besar kemajuan bersama seluruh bangsa Indonesia.

Recent signatures

    News

    1. Reached 250 signatures

    Supporters

    Reasons for signing


    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.