Presiden @SBYudhoyono; ribuan TKI menunggu Anda di Saudi. #RibuanMenungguSBY
  • Petitioning Susilo Bambang Yudhoyono

This petition will be delivered to:

Presiden RI
Susilo Bambang Yudhoyono
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI
Muhaimin Iskandar
Kementrian Luar Negeri RI

Presiden @SBYudhoyono; ribuan TKI menunggu Anda di Saudi. #RibuanMenungguSBY

    1. thobibuddin ahmad
    2. Petition by

      thobibuddin ahmad

      Jeddah, Saudi Arabia

10.000 lebih warga Indonesia di Saudi Arabia berjejalan di Tarhil Sumaisyi, kamp imigrasi yang dulunya bekas penjara. Belum bisa pulang, dan tidak bisa keluar. Ribuan lainnya, gelandangan di jalanan, dengan cuaca yang dingin dan hujan.

Miris saya, melihat wanitanya melahirkan tanpa perawatan memadai; bayi sulit dapat susu, kalaupun ada dibuat dengan air yang tidak steril. Kemarin ini, Didin Jainuddin, TKI asal Sukabumi, meninggal dalam keadaan yang menyedihkan. 

Mereka adalah TKI yang diusir majikannya sejak amnesti berakhir (masa pengampunan bagi TKI tidak berdokumen) 3 November lalu. Dari 101.067 TKI yang berupaya mendapatkan amnesti, hanya 17.306 yang berhasil mendapatkan, dan 6.700 mendapatkan exit permit untuk pulang ke Indonesia. Dan kini baru 484 orang yang bisa dipulangkan ke Indonesia karena sulitnya birokrasi untuk mendapatkan exit permit.

Puluhan ribu TKI lain yang tak dapat ditampung Tarhil Sumaisyi hanya bisa berkeliaran di jalan. Menunggu nasib yang tak pasti. Sebagian tidur di pinggir jalan di sepanjang Tarhil Matar Qadim di Jeddah Arab Saudi. KBRI dan KJRI di Saudi tak punya kapasitas untuk menampung mereka. 

Berlakunya sistem kaffala di Arab Saudi, menjerat TKI dalam perangkap perbudakan modern. Sistem Kaffala mengharuskan pekerja asing untuk menyerahkan paspor kepada majikannya dan saat akan keluar Arab harus mendapat ijin dari majikan untuk legalisasi exit permit di imigrasi.

Saya membuat petisi ini karena TIDAK TAHAN melihat kondisi yang memilukan. 

Satu-satunya cara, adalah lobi tingkat tinggi! 

Pak SBY, ribuan pahlawan devisa Anda menggelandang di negeri orang! Mereka terlantar dan tidak diperlakukan manusiawi. Mereka butuh Anda turun tangan! Datanglah ke Arab Saudi. Percepat exit permit biar ribuan anak dan perempuan biar segera bisa pulang ke Indonesia. 

Keadaan semakin memprihatinkan, anak-anak mulai sakit,jangan biarkan mereka menderita terlalu lama. Yang terpaksa tinggal di pinggir jalan juga perlu perlindungan, apalagi cuaca sedang buruk di Arab, dingin dan mulai turun hujan.

Teman-teman di Indonesia, bantu saya menyampaikan ini pada Pak Presiden.

Recent signatures

    News

    1. Reached 2,000 signatures

    Supporters

    Reasons for signing

    • Mustakim Kamaruddin MAKASSAR, INDONESIA
      • 3 days ago

      Kepada Bapak Presiden, dengan ini kami meminta bantuan Bapak dalam membantu saudara-saudara sebangsa kami di jazirah arab yang mereka lakukan hanyalah mencari tambahan pemasukan karena tuntutan ekonomi keluarga mereka pak... Namun mereka saat ini kembali mendapatkan ujian berupa cuaca yang tak menentu pak... Atas bantuan Bapak kami Ucapkan Terima Kasih Semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan Bapak...

      REPORT THIS COMMENT:
    • Putri Oktaviani INDONESIA
      • 25 days ago

      miris melihatnya, bagaimana saudara2 kita disana hidup dalam keadaan yang tidak layak, semoga cepat terselesaikan agar tidak semakin bertambah penderitaan yang menimpa saudara2 kita ini.

      REPORT THIS COMMENT:
    • Yoseph Kebe DENPASAR, INDONESIA
      • about 1 month ago

      Julukannya PAHLAWAN, saat terlantar knp tdk ditengok utk dipulangkan?

      REPORT THIS COMMENT:
    • Klara Audria CHERAS, MALAYSIA
      • about 1 month ago

      Karena tidak banyak yang memperdulikan nasib TKI.

      REPORT THIS COMMENT:
    • Ratna Irma TANGSEL BANTEN, INDONESIA
      • about 1 month ago

      ~~ human rights

      REPORT THIS COMMENT:

    Develop your own tools to win.

    Use the Change.org API to develop your own organizing tools. Find out how to get started.